Banjir Luapan Sungai Kandilo Paser, Terparah dari Tahun Sebelumnya, Pemkab Bentuk Tim Siaga Bencana

Pembentukan Tim Satuan Tugas (Satgas) Siaga Bencana Banjir dan Longsor Kabupaten Paser Kalimantan Timur.

Banjir Luapan Sungai Kandilo Paser, Terparah dari Tahun Sebelumnya, Pemkab Bentuk Tim Siaga Bencana
TribunKaltim.Co/HO BPBD Paser
Sekcam Batu Sopang Arwin Mamonto, Kapolsek Batu Sopang AKP Retno Ariani dan jajaran Koramil Batu Sopang saat membantu warga Batu Kajang yang rumahnya kebanjiran, Sabtu (11/1/2020). 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER – Pembentukan Tim Satuan Tugas (Satgas) Siaga bencana banjir dan longsor Kabupaten Paser menurut Sekretaris Camat Batu Sopang Arwin Mamonto, Senin (13/1/2020), akan sangat membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan.

“Kebetulan belum lama ini sejumlah rumah warga di Desa Batu Kajang dan di Desa Kasungai dilanda banjir. Dengan adanya Satgas ini, tentunya akan sangat membantu masyarakat,” kata Arwin usai Rapat Koordinasi (Rakor) Siaga Bencana Banjir se-Kabupaten Paser.

Banjir setinggi dada orang dewasa yang terjadi Sabtu (11/1/2020), lanjut Arwin, sempat merendam beberapa rumah warga di RT 23 dan RT 28 Desa Batu Kajang, tapi sore harinya warga sudah kembali ke rumah masing-masing.

“Pagi banjirnya, sore harinya warga sudah kembali rumah masing-masing. Banjir akibat Sungai Kandilo meluap, ditambah hujan yang terus mengguyur semalaman dan kiriman air dari hulu, sehingga Sungai Kandilo meluap dan merendam sejumlah rumah warga,” ucapnya.

Bagi warga banjir seperti ini bukan lah yang pertama, tapi yang terparah terjadi dari tahun-tahun sebelumnya.

Karena itu, Arwin juga berharap program pelestarian lingkungan semakin digalakan guna meminimalisir dampak bencana kedepan.

“Sekarang Camat-nya (Camat Batu Sopang) Pak Misran, sebelum Beliau dilantik saya sempat 1 tahun menjabat Plt Camat Batu Sopang, salama jadi Plt cukup banyak ujiannya seperti Batu Kajang dilanda dua kali musibah kebakaran, belum lagi memediasi permasalahan warga,” tambahnya.

Rapat Koordinasi Bencana

Untuk memberikan ketenangan pada masyarakat yang tertimpa bencana banjir dan longsor, pemerintah daerah menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Paser Katsul Wijaya, Senin (13/1/2020), harus hadir ditengah-tengah warga korban bencana.

Seperti diketahui bersama curah hujan akhir-akhir ini semakin meningkat, yang dapat menyebabkan terjadinya bencana banjir dan tanah longsor.

Halaman
12
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved