Berita Pemkab Kutai Barat

IKN Beri Semangat Baru Kubar Terus Membangun, Gubernur Ingatkan Jangan Hanya Jadi Penonton

banyak tantangan harus dihadapi secara bersama-sama. Salah satunya, peningkatan sumber daya manusia.

IKN Beri Semangat Baru Kubar Terus Membangun, Gubernur Ingatkan Jangan Hanya Jadi Penonton
HUMASKAB KUBAR
Dari kini Walikota Samarda Syaharie Jaang, Wabup Kutai Barat Edyanto Arkan, Gubernur Kaltim Isran Noor dan Bupati Kubar FX Yapan dalam rangkaian peringatan HUT ke-63 Provinsi Kaltim 2020, di Stadion Madya Sempaja Samarinda, Kamis (9/1/2020). 

SAMARINDA - Kaltim telah ditetapkan Presiden Joko Widodo sebagai Ibu Kota Negara (IKN) yang baru. Dalam menyongsong IKN baru, banyak tantangan harus dihadapi secara bersama-sama. Salah satunya, peningkatan sumber daya manusia.

Gubernur Kaltim Isran Noor mengatakan apabila tidak, perubahan ke depan bisa dipastikan masyarakat Kaltim akan menjadi penonton dan berada dalam kondisi tertinggal.

"Baik regional dan individual di kelompok masyarakat,"tegas Isran Noor pada peringatan HUT ke-63 Provinsi Kaltim 2020, di Stadion Madya Sempaja Samarinda, Kamis (9/1/2020).

Untuk itu, Gubernur berharap para dosen, guru, mahasiswa, pelajar dan semua stakeholder seluruh kabupaten/kota ikut berperan aktif dan melibatkan diri dalam pembangunan bangsa.

"Karena Kaltim sejak dulu merupakan daerah pemberi kontribusi besar kepada Indonesia. Terutama di sektor minyak, kayu dan batu bara,"ujarnya.

Gubernur menambahkan IKN pindah ke Kaltim adalah kebanggaan bersama dan kepercayaan dari tanda hormat pemerintah pusat kepada Provinsi Kaltim.

Karena itu, IKN momentum terbaik bagi semua kabupaten/kota untuk berinovasi, berkreasi dan membuat terobosan-terobosan kreatif yang dapat disinergikan. Khususnya mewujudkan visi dan misi RPJMD 2019-2023, yakni berani untuk Kaltim berdaulat.

Wabup Kubar Edyanto Arkan mengatakan dengan adanya IKN di Kaltim memberikan semangat kepada Pemkab Kubar bersama masyarakatnya mengisi pembangunan. Sehingga tidak menjadi penonton, tetapi sebagai pelaku pembangunan.

Mendukung hal itu, diharapkan Pemprov Kaltim membantu Kubar untuk meningkatkan kemampuan dan ilmu dari sdm masyarakatnya. Misalnya, Kaltim berwenang menangani pendidikan tingkat SMA dan SMK.

Kemudian, bantuan kepada TK, PAUD, SD dan SMP. Selain itu, bentuk perhatian lainnya bisa juga diberikan bantuan berupa beasiswa, perbaikan gaji guru dan kesejahteraan para guru, sehingga mereka pun termotivasi untuk mengabdi kepada rakyat yang ada di Kubar.

Karena kemajuan Kaltim merupakan kemajuan 10 kabupaten/kota yang ada di Kaltim. "Sehingga itu, akan selaras dengan pembangunan kaltim untuk menunjang IKN yang baru dan telah ditetapkan oleh pemerintah pusat, pada 2019 lalu,"ungkapnya. (hms6)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved