Pilkada Bontang

Diterpa Isu Netralitas ASN, Bacalon Wawali Golkar Bontang Dasuki Mengaku Wajar, Hak Politik Melekat!

Drs Dasuki salah satu kandidat bacalon wawali yang diusung Partai Golkar meyakini bahwa selain kode etik ASN, ada hak politik yang juga melekat,

Tribunkaltim.co, Muhammad Fachri Ramadhani
Drs Dasuki kandidat bacalon wakil walikota Pilkada 2020 Partai Golkar Bontang saat ditemui di kediamannya beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO, BONTANG - Drs Dasuki salah satu kandidat bacalon wawali yang diusung Partai Golkar meyakini bahwa selain kode etik aparatur sipil negara ( ASN ), ada hak politik yang juga melekat di tubuhnya sebagai warga negara.

"ASN memang melekat kode etik, tapi patut diingat, dia juga melekat sebagai warga negara yang punya hak politik," kata Dasuki.

Sebab itu, langkah Dasuki maju di Pilkada serentak 2020 di Bontang bukan tanpa dasar. Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 jadi pijakan Dasuki menatap Pilkada, berharap dipilih Golkar mendampingi Neni Moerniaeni.

"Tetap pegangan saya adalah putusan Mahkamah Konstitusi. Analogi saya, saya merasa terpanggil dengan itu, hingga saya hadir. Seorang ASN mendaftar di partai tak harus mundur, sebelum pendaftaran di KPU," selorohnya.

Menurut Dasuki tak ada jalan lain untuk seorang ASN menggunakan hak politik maju di Pilkada, selain lewat partai dan jalur independen.

"Persoalan netralitas segala macam, toh ini belum tahapan (pencalonan). Ini bicara tentang pra (tahapan), dimana seorang ASN mau nyalon harus ke situ (Penjaringan Partai) jalannya, hingga saya hadir ke sana," ungkap Dasuki.

Baca Juga;

18 Januari Jakarta Banjir Lagi, Gubernur Anies Baswedan Disorot Ketua Fakta, Pemprov Tidak Bergerak

Golden Tulip Indonesia Balikpapan Hotel dan Suite Sasar Millenial, Sambut Ibu Kota Baru di Kaltim

Sebelum Wafat, Lina Sempat Bahas Calon Istri Sule, Begini Pesan Ibu Rizky Febian pada Penggantinya

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved