Gang Antasari Sangatta Utara Ditetapkan Sebagai Kampung Bebas Narkoba, Ini Kriterianya

Penetapan kampung bebas narkoba kembali dilakukan Polres Kutai Timur. Kali ini, Gang Antasari di Jalan Diponegoro Desa Sangatta Utara

Gang Antasari Sangatta Utara Ditetapkan Sebagai Kampung Bebas Narkoba, Ini Kriterianya
Tribunkaltim.co, MARGARET SARITA
Penetapan Gang Antasari sebagai Kampung Bebas Narkoba oleh Polres Kutai Timur 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA – Penetapan kampung bebas narkoba kembali dilakukan Polres Kutai Timur. Kali ini, Gang Antasari di Jalan Diponegoro Desa Sangatta Utara, Kecamatan Sangatta Utara, terpilih sebagai Kampung Bebas Narkoba.

Penetapan dilakukan Kapolres AKBP Indras Budi Purnomo bersama Ketua Harian Badan Narkotika Kabupaten ( BNK ) Kutim, Sarwono Hidayat.

Mengapa Gang Antasari? “Karena Gang Antasari selama dua tahun terakhir tidak ada warganya yang terlibat kasus narkoba. Selain, keaktifan warga setempat memberi imbauan pada anak-anak yang gemar menghirup inhalen (lem) di sekitar lingkungan tersebut,” ungkap Indras melalui Kasatreskoba Iptu Chandra Buana, Kamis (23/1/2020).

Dengan ditetapkannya Gang Antasari sebagai Kampung Bebas Narkoba, jajaran Satreskoba Polres Kutim juga akan melakukan kegiatan pencegahan lainnya, seperti training pada warga setempat, tentang bahaya narkoba, pengenalan rehabilitasi pecandu narkoba dan pemberdayaan masyarakat.

“Kami berharap, dari Gang Antasari, kegiatan antisipasi penyalahgunaan maupun penyebaran narkoba bisa menyebar ke desa, kecamatan hingga akhirnya, Kabupaten Kutai Timur menjadi kabupaten yang terbebas dari segala bentuk peredaran maupun penyalahgunaan narkoba,” kata Chandra.

Selain itu, penetapan Kampung Bebas Narkoba, juga sebagai bentuk demand reduction dari bisnis haram narkoba.

Baca Juga;

Sinyal Persib Bandung Rekrut Eks Persija Jakarta Bruno Matos, Duo Bali United Juga Jadi Incaran

Terseret Kasus Investasi Bodong Ari Sigit Diduga Terima Hadiah Dua Mobil, Polisi Lakukan Penyitaan

Ramalan Zodiak Hari Ini Kamis 23 Januari 2020, Leo Minta Promosi Jabatan, Pisces Ingin Sendirian

Ezechiel NDouassel Hengkang dari Persib, Robert Rene Alberts Pantau 2 Pemain Bali United

Karena sejatinya, pemberantasan narkoba bukan banyak menangkap para pengedarnya, namun juga menekan pangsa pasarnya.

Sebelumnya, kawasan bebas narkoba juga ditetapkan di lingkungan sekolah. Yakni, di SMK Muhammadiyah Sangatta dan di SMP Negeri I Kongbeng. “Ke depan, pembentukan kawasan bebas narkoba akan terus dilakukan, agar semua kawasan terutama di lingkungan pendidikan, jauh dari peredaran dan penyalahgunaan narkoba,” kata Chandra.(sar)

Penulis: Margaret Sarita
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved