News Video

NEWS VIDEO Berat Badan Turun 109 Kg, Arya Permana Jalani Operasi Pengecilan Lambung

Remaja asal Karawang mantan penderita obesitas, Arya Permana (14) berhasil menurunkan berat badannya 109 kilogram. Setelah menjalani pola hidup sehat

TRIBUNKALTIM.CO - Remaja asal Karawang mantan penderita obesitas, Arya Permana (14) berhasil menurunkan berat badannya 109 kilogram. Setelah menjalani pola hidup sehat, berat badan Arya turun dari 192 kilogram menjadi 83 kilogram. Selain itu, Arya mengaku menjalani operasi pengecilan lambung di rumah sakit Omni Alam Sutera, Tangerang, Banten pada Juni 2017.

Arya mengatakan, dirinya bisa dioperasi karena diajak oleh salah satu wartawan Inggris. "Dulu sih diajak sama salah satu wartawan dari Inggris. Di ajak ke rumah sakit, di situ ketemu dokter dan disarankan untuk operasi," kata Arya saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (23/1/2020). Arya mengatakan, tidak ada efek samping selepas operasi tersebut. "Enggak ada, cuma kalau makan banyak jadi gampang kenyang," ujarnya.

Arya mengatakan, operasinya tidak dipungut biaya sama sekali. Arya juga dibantu binaragawan, Ade Rai, sejak pertengahan 2016, untuk menurunkan berat badannya. Selepas dirawat di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Arya datang ke gym milik Ade Rai untuk berolahraga.

Selain berolahraga, Arya juga mulai mengurangi konsumsi makanan yang mengandung gula dan minyak.

Menurut Arya, kedua orangtuanya memasak masakan yang mendukung penurunan berat badannya, seperti ayam dada bakar. "Kalau dulu kan sedikit-sedikit masih lapar, tetapi sekarang sudah kebiasaan," ujar Arya.

Katanya, yang paling terpenting mengurangi mengonsumsi makanan yang mengandung minyak dan gula. Ia mengaku tidak mengonsumsi obat-obatan diet dan juga tidak berpuasa.

Editor: Wahyu Triono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved