Norwegia Tertarik Investasi di Ibu Kota Negara, Fokus Energi Terbarukan dan Kota Modern

Pemerintah Indonesia sudah puluhan tahun melakukan kerjasama bilateral dengan Norwegia. Bentuk konkret telah terjalin selama 10 tahun terakhir.

Norwegia Tertarik Investasi di Ibu Kota Negara, Fokus Energi Terbarukan dan Kota Modern
Tribunkaltim.co, cahyo widananto
Duta Besar Norwegia untuk Indonesia Vegard Kaale 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPANPemerintah Indonesia sudah puluhan tahun melakukan kerjasama bilateral dengan Norwegia. Bentuk konkret telah terjalin selama 10 tahun terakhir.

Duta Besar Norwegia untuk Indonesia Vegard Kaale mengatakan bahwa kemitraan yang terbentuk sudah sangat kuat. Kalimantan Timur ( Kaltim ) menjadi mitra utama pada bidang iklim.

“Kami sudah diberitahu langsung oleh Pak Gubernur soal rencana pembangunan ibu kota negara baru. Prinsip dan semangatnya sangat modern, hijau, dan berkesinambungan. Jadi dalam kesempatan ini kami akan menggali lebih lanjut lagi langkah-langkah ke depan seperti apa rencananya,” katanya usai pertemuan di Balikpapan, Kamis (23/1/2020).

Kehadirannya ini untuk memberikan masukan apa yang bisa dilakukan kerja sama untuk ibu kota negara ( IKN ) baru tersebut. Norwegia tentu menyambut baik. Vegard berterima kasih atas sambutan hangat yang ia dapatkan di Bumi Etam.

Menurutnya, pembangunan IKN bukan hanya untuk indonesia saja, tapi juga jadi rumah bagi banyak orang asing termasuk juga para diplomat dan lainnya.

Norwegia sendiri sangat menantikan pemindahan pusat pemerintahan di sebagaian Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara ini.

Baca Juga;

Sinyal Persib Bandung Rekrut Eks Persija Jakarta Bruno Matos, Duo Bali United Juga Jadi Incaran

Terseret Kasus Investasi Bodong Ari Sigit Diduga Terima Hadiah Dua Mobil, Polisi Lakukan Penyitaan

Ramalan Zodiak Hari Ini Kamis 23 Januari 2020, Leo Minta Promosi Jabatan, Pisces Ingin Sendirian

Ezechiel NDouassel Hengkang dari Persib, Robert Rene Alberts Pantau 2 Pemain Bali United

Vegard menambahkan, meski pihaknya tertarik dengan konsep IKN, Norwegia masih terlalu dini untuk memberikan jawaban investasi yang akan diberikan. Hal ini karena proses perpindahan masih pada tahapan sangat awal.

"Tapi saat ini negara-negara sudah banyak diundang mari berinvestasi di sni. Kami ingin melihat peluangnya lebih jelas seperti apa sehingga kami punya ide yang lebih baik, kira-kira kami akan tertarik di bidang apa investasinya," terangnya

"Tapi memang untuk bidang yang menarik bagi Norwegia biasanya adalah untuk energi terbarukan dan kota modern," tandasnya.

Penulis: Heriani AM
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved