News Video

NEWS VIDEO Kembali Jadi Duta Baca Indonesia, Ini Tugas Penting Najwa Shihab

Najwa Shihab kembali menjadi Duta Baca Indonesia (DBI) untuk kali kelima.

TRIBUNKALTIM.CO - Najwa Shihab kembali menjadi Duta Baca Indonesia (DBI) untuk kali kelima.

Pada tahun ini, Najwa Shihab bertugas untuk kembali membumikan literasi informasi secara masif ke seluruh penjuru nusantara, khususnya ke generasi muda.

Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando mengatakan berbagai indikator kegemaran membaca masyarakat Indonesia menunjukkan kegemaran membaca masyarakat Indonesia semakin meningkat.

Perhatian masyarakat dan pemerintah daerah semakin meningkat, yang terlihat dari maraknya kegiatan literasi di seluruh daerah di Indonesia.

"Kami sungguh mengapresiasi atas semua kinerja Najwa Shihab sebagai Duta Baca Indonesia yang sangat banyak mengubah wajah pengembangan literasi di Indonesia saat ini.

Perpusnas kini lebih banyak dikenal, salah satunya berkat karena Mbak Najwa," ungkap Syarif Bando dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Syarif Bando menyinggung pentingnya literasi di generasi muda, karena esensi literasi diperlukan untuk menghadapi revolusi industri 4.0.

“Inovasi-inovasi lahir dengan membaca, perbedaan petani mangga yang membaca dengan yang tidak membaca terlihat dari hasil panennya. Jika dalam sekali panen petani tersebut memanen banyak mangga, maka itu adalah petani yang membaca dan menemukan rekayasa genetika tanaman mangga dari buku yang dibacanya,” jelas Syarif Bando.

Sementara itu, Najwa Shihab mengaku status Duta Baca Indonesia melekat kepada dirinya ketika melakukan kunjungan ke banyak daerah di Indonesia.

Bahkan, kini kata “literasi” sudah banyak dikenal oleh masyarakat di Indonesia, karena dirinya berkomitmen tinggi membuat masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda, lebih mencintai kegiatan membaca buku.

Halaman
12
Editor: Wahyu Triono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved