Berita Pemkab Mahakam Ulu

Perencanaan Tata Guna Lahan Partisipatif, Pemkab Mahulu Dapat Hibah Barang MCC Amerika Serikat

Ini merupakan salah satu proyek yang dibiayai dari dana hibah yaitu Perencanaan Tata Guna Lahan Partisipatif (PLUP), yang mencakup 46 Kabupaten

Perencanaan Tata Guna Lahan Partisipatif, Pemkab Mahulu Dapat Hibah Barang MCC Amerika Serikat
HUMASKAB MAHULU
TANDATANGAN - Drs. Yohanes Avun, M.Si menandatangani naskah dan berita acara serah terima (BAST) Hibah Barang Milik Negara (BMN) di Kantor Kementerian PPN/Bappenas, Jakarta, Sabtu (21/1/2020). 

JAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mahakam Ulu (Mahulu) melalui Sekretaris Daerah Drs. Yohanes Avun, M.Si menandatangani naskah dan berita acara serah terima (BAST) Hibah Barang Milik Negara (BMN) Kegiatan Perencanaan Tata Guna Lahan Partipatif dari Hibah Millennium Challenge Corporation (MCC) Pemerintah Amerika, Selasa (21/1) di Ruang Rapat SS, Kementerian PPN/Bappenas Jakarta Pusat.

Ini merupakan salah satu proyek yang dibiayai dari dana hibah yaitu Perencanaan Tata Guna Lahan Partisipatif (PLUP), yang mencakup 46 Kabupaten di 11 Provinsi.

Dalam pelaksanaannya, proyek tersebut menghasilkan beberapa barang berupa Perangkat Keras (Hardware) dan Perangkat Lunak (Sofware) yang dalam perencanaannya akan dihibahkan kepada pemerintah daerah untuk mendukung kegiatan penataan ruang di daerah.

Saat dijumpai usai Menghadiri kegiatan tersebut Sekda menyampaikan apresiasinya dan menyambut baik serta berterimakasih melalui Bappenas Pemkab Mahulu dapat memperoleh hibah tersebut.

"Kita patut bersyukur terutama dengan perolehan Hibah ini kita sambut baik, program seperti ini sangat penting bagi Pemerintah Kabupaten Mahulu, yang masih merupakan daerah baru yang perlu perencanaan tata penggunaan lahan yang sifat Partisipatif. Jadi kita sangat bersyukur melalui Bappenas yang bekerjasama dengan MCC Pemerintah Amerika sudah memberikan peluang juga bagi Kabupaten Mahulu memperoleh hibah tersebut,"ungkapnya.

Sekda berharap, setelah penandatanganan ini pihak terkait OPD di lingkungan Pemkab Mahulu dapat segera menindaklanjuti hibah ini, agar segera dimanfaatkan untuk percepatan pembangunan di Kabupaten Mahulu.

"Jadi harapan kita kedepan ini bisa menjadi contoh agar kita didaerah juga bisa menindaklanjuti ini, agar Perencanaan Tata Guna Lahan Partisipatif dapat terwujud, terutama dalam pemetahan di desa atau kampung yang berada diwilayah Kabupaten Mahulu,"harap Sekda.

Sementara itu diterangkan oleh PPK Satuan Kerja Pengelola Hibah MCC Hari Kristijo sebagaimana yang diketaui bahwa Barang Milik Negara yang akan dihibahkan oleh Bappenas kepada Pemerintah daerah, berasal dari hibah MCC Amerika yang total keseluruhannya hari ini yang ditandatangani 24 Kabupaten 6 Provinsi adalah Rp 19,7 Milyar.

"Barang yang akan dihibahkan berupa barang elektronik untuk proyek parsitory lendis planing, Panduan Teknis Penetapan dan Penegasan Batas Desa, bentuk barangnya adalah dalam bentuk laptop, dektop dan peralatan elektronik. Yang terpenting dalam pemberiaan hibah ini sudah seluruh dokumen sudah difalidasi dan diaudit oleh BPK, jadi masalah dasar hukum sudah sah semua,"katanya.

Pada akhirnya Ia sangat berharap ini barang-barang hibah ini dapat digunakan oleh masing-masing daerah sesuai dengan peruntukan dan tujuannya.

Dalam kesempatan ini hadir pula Inspektur Utama Kementerian PPN/BAPPENAS Ir. Wismana Adi Suryabrata. MIA, hadir juga mendampingi Sekda Mahulu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pembangunan Daerah Dr. Stephanus Madang, S.Sos.,MM, serta para pejabat dari Kabupaten dan Daerah lain yang turut hadir dalam acara tersebut.(HMS8)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved