Berita Pemkab Kutai Barat

Bapenda Kutai Barat Buka Loket Pembayaran Pajak Satu Atap

Yuli mengimbau kepada seluruh staf Bapenda untuk bertanggung jawab dan mempunyai rasa memiliki terhadap loket tersebut.

Bapenda Kutai Barat Buka Loket Pembayaran Pajak Satu Atap
HUMASKAB KUBAR
Kepala Bapenda Yuli Permata Mora SE M Si didampingi Kepala Bidang PBB dan BPHTB Rudi Hartono SE bersama sejumlah staf lainnya meresmikan loket pembayaran pajak satu atap di Seretariat Kantor Bapenda Kubar lantai 1, Selasa (28/1/2020). 

SENDAWAR - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kubar meresmikan loket pembayaran pajak satu atap di Sekretariat Bapenda lantai I.

Dengan adanya loket pembayaran pajak satu atap Bapenda menargetkan penerimaan pajak daerah yang sudah ditetapkan pada 2020 bisa tercapai bahkan.

Kepala Bapenda Yuli Permata Mora SE M Si didampingi Kepala Bidang PBB dan BPHTB Rudi Hartono SE menjelaskan, keberhasilan pelayanan di loket pembayaran pajak satu atap ini sebagai tolak ukur keberhasilan Bapenda memenuhi target capaian penerimaan pajak daerah. Tersedianya loket ini merupakan bagian dari upaya peningkatan publik.

Yuli mengimbau kepada seluruh staf Bapenda untuk bertanggung jawab dan mempunyai rasa memiliki terhadap loket tersebut. Keberhasilan pelayanan di loket sebagai tolak ukur keberhasilan Bapenda. Oleh sebab itu kita semua harus punya kesadaran memiliki, merawat serta jaga kebersihan dari utilitas ruang loket.

Secara khusus Yuli mengucapkan terima kasih atas dukungan kerjasama Bankaltimtara pada pelayanan online pembayaran pajak. Dengan dukungan tersebut Bapenda bisa memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat, khususnya pembayaran pajak dan retribusi daerah.

"Semoga kerjasama yang baik yang sudah kita jalin selama ini bisa terus kita pertahankan dan terus ditingkatkan, sehingga ke depan kita bisa memberikan layanan terbaik bagi seluruh mayarakat Kubar," ujarnya.

Untuk diketahui, pembayaran PBB dan BPHTB sudah bisa dilakukan secara online sejak 2 Januari 2020. Ia juga menyampaikan agar petugas di loket pembayaran PBB dan BPHTB bisa menyampaikan kepada wajib pajak jika Bapenda sudah online.

Selain itu loket Bankaltimtara juga bergabung di loket satu atap, sehingga proses pembayaran pajak sangat mudah.

Yuli menambahkan, dengan diresmikannya loket tersebut Bapenda terus berproses sehingga ke depan untuk pembayaran sembilan pajak daerah yakni pajak restoran, hotel, parkir, PPJ, galian C, air tanah, Sarang burung walet, hiburan, dan pajak reklame juga bisa dilakukan secara online.

Untuk PBB sendiri sudah online sejak 2019, tanpa melewati tempat pelayanan juga bisa dilakukan pembayaran di loket-loket Bankaltimtara di kecamatan-kecamatan.

Sedangkan untuk BPHTB walupun sudah online sejak 8 Januari, tetapi untuk BPHTB online tetap harus dilakukan di loket yang ada di Bapenda. Proses verifikasi masih berada di ibukota kabupaten sehingga belum bisa tersebar ke kecamatan. (hms10)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved