News Video

NEWS VIDEO Timnas U19 Raih Kemenangan Perdana, Shin Tae-yong Tak Peduli Hasil

Shin Tae-yong tak terlalu memikirkan kemenangan pertama timnas U19 Indonesia dan ingin lebih berfokus pada faktor yang lain.

Editor: Wahyu Triono

TRIBUNKALTIM.CO - Shin Tae-yong tak terlalu memikirkan kemenangan pertama timnas U19 Indonesia dan ingin lebih berfokus pada faktor yang lain.

Timnas U19 Indonesia di bawah arahan Shin Tae-yong memperoleh kemenangan pertama dalam program pemusatan latihan di Thaliand yang digagas bersama PSSI.

Dalam uji tanding kelima, timnas U19 Indonesia sukses mengalahkan Kyung Hee University di Alpine Football Camp Training Chiang Mai, Rabu (29/1/2020).

Dua gol timnas dicetak oleh Rizky Ridho Ramdhani dan Komang Teguh Trisnanda.

Hasil tersebut juga membalas kekalahan sebelumnya ketika timnas U19 menghadapi Kyung Hee University dalam uji tanding pertama sebelumnya. Dalam uji tanding pertama, timnas U19 Indonesia terpaksa takluk dari Kyung Hee University dengan skor 0-2.

Hasil tersebut menjadi berarti bagi timnas U19 Indonesia yang telah menunjukkan hasil latihannya.

Namun, itu tak berlaku bagi Shin Tae-yong. Pada dasarnya, pemusatan latihan yang digagas Shin Tae-yong bersama dengan PSSI punya agenda tersendiri demi membangun Garuda Muda.

Bahkan, terkait hasil pertandingan, Shin Tae Yong tidak menjadikan hal tersebut sebagai prioritas.

Shin Tae-yong justru ingin memfokuskan anak asuhnya pada tiga hal, yakni fisik, komunikasi antarpemain, dan faktor mengalirkan bola secara efektif.

"Saya tidak melihat hasil, melainkan perkembangan pemain setiap harinya dalam menyerap latihan yang diberikan, terutama progres fisik pemain," ujar Shin Tae-yong dikutip dari laman PSSI.

"Bukan tentang hasil dan taktik. Yang pasti, hari ini, mereka sudah mengerti apa yang saya instruksikan dan inginkan," katanya.

Menurut dia, apa yang ditunjukkan timnas U19 Indonesia dalam uji tanding melawan Kyung Hee University sudah masuk harapannya meski banyak kekurangan.

"Jarak antarpemain sudah tidak terlalu lauh, saat transisi dari menyerang ke bertahan, mereka pun langsung bergerak cepat," kata pelatih pertama asal Korea Selatan itu.

Timnas U19 Indonesia masih berada di pemusatan latihan Alpine Football Camp Training, Chiang Mai, Thailand, hingga 31 Januari nanti.

Latihan tersebut sebagai modal mengikuti kompetisi Piala AFF U19 dan Piala Asia U19 yang menjadi target utama PSSI.

Selain kedua kompetisi tersebut, timnas U19 Indonesia besutan Shin Tae-yong juga dipersiapkan untuk kompetisi Piala Dunia U20 2021. (*)

Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved