Pertamina Resmikan Rumah Pembibitan Mangrove Margomulyo, Jadi Tempat Penelitian dan Edukasi

Pertamina Refinery Unit V Balikpapan meresmikan rumah pembibitan Mangrove Margomulyo SMA Negeri 8 Balikpapan, untuk mengembalikan ekosistem

Tribunkaltim.co, Siti Zubaidah
Meninjau rumah mangrove Margomulyo usai persemian oleh General Manager RU V Balikpapan Mulyono, Walikota Balikpapan Rizal Effendi dan kepala DLH Balikpapan Suryanto. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Pertamina ( Persero ) Refinery Unit V Balikpapan meresmikan rumah pembibitan Mangrove Margomulyo SMA Negeri 8 Balikpapan, hal ini dilakukan untuk mengembalikan ekosistem pasca tumpahan minyak beberapa waktu lalu di perairan Teluk Balikpapan, Kamis (30/1/2020).

Pada peresmian tersebut siswa SMA Negeri 8 Balikpapan sangat antusias. Turut hadir Walikota Balikpapan Rizal Effendi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan, Camat Balikpapan Barat, serta Lurah Margomulyo.

Rizal Effendi mengatakan, ini memang bagian dari langkah, kewajiban yang harus dilakukan Pertamina setelah peristiwa Tumpahan Minyak kemarin, salah satu yang rusak itu hutan mangrove karena ada di pinggir pantai.

"Sehingga kewajiban Pertamina salah satunya memulihkan lingkungan tersebut, Pertamina menunjuk ITB yang melakukan beberapa penelitian untuk pengembangan bibit dan untuk mengecek mangrove tersebut," kata Rizal Effendi.

Penelitian tersebut dilakukan, untuk memastikan apakah mangrove bisa tumbuh di sepanjang pantai yang terkena pencemaran tumpahan minyak, atau yang dilakukan sambil membuat pembibitan.

"Sehingga mangrove-nya bisa pulih kembali. Selaku Pemerintah kota kami mengucapkan terima kasih Pertamina menjalankan kewajibannya dan mudah-mudahan menjadi bagian dari pendidikan karena dipusatkan di sekolah SMAN Negeri 8 Balikpapan dan bisa dimanfaatkan untuk pelatihan dan penelitian para pelajar," ungkapnya.

Baca Juga;

Kecelakaan Maut, Truk Tabrak Motor di Samarinda, Rem Blong 4 Orang Terlindas, Ini Kronologinya

Ramalan Zodiak Hari Ini Jumat 31 Januari 2020, Leo Penuh Energi, Aquarius Menuai Keuntungan

Andai Liga 1 2020 Digelar 29 Februari, Begini Tanggapan Presiden Klub Borneo FC Nabil Husein

Halaman
123
Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved