Pupuk Kaltim

Pupuk Kaltim Meriahkan Bulan K3 Nasional 2020, Tengok Keseruan Fire Rescue Competition

Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya K3 Pada Era Revolusi Industri 4.0 Berbasis Teknogi Informasi

Pupuk Kaltim Meriahkan Bulan K3 Nasional 2020, Tengok Keseruan Fire Rescue Competition
HO - Humas PKT
Pemenang Fire Rescue Competition (FRC) gelaran Pupuk Kaltim memperingati bulan K3 nasional tahun 2020. 

TRIBUNKALTIM.CO, BONTANG - Pupuk Kaltim kembali menggelar Fire Rescue Competition (FRC) yang diikuti 16 tim dari berbagai kompartemen. Kegiatan tersebut digelar di Halaman Parkir GOR Pupuk Kaltim, Sabtu (1/2/2020).

Direktur Produksi Pupuk Kaltim, Bagya Sugihartana dalam sambutannya mengatakan, FRC merupakan salah satu rangkaian kegiatan Bulan K3 Nasional 2020 di Pupuk Kaltim.

Mereka yang bertanding berasal dari Kompartemen Pengadaan, Rendal dan Distribusi (Rendis), Pemeliharaan, Sekper, Teknologi, Operasi 2, Pemasaran PSO, Inbang, Operasi 1, Teknik dan IJT, Pemasaran Non PSO, Umum, JPP, Adminkeu, SDM, dan Kompartemen SPI.

Rintangan monkey bar yang berfungsi untuk melatih kekuatan tangan dan ketangkasan pemadam kebakaran.
Rintangan monkey bar yang berfungsi untuk melatih kekuatan tangan dan ketangkasan pemadam kebakaran. (HO - Humas PKT)

Tak berbeda dengan pelaksanaan FRC sebelumnya. Tiap tim akan melewati berbagai macam halang rintang yang bertemakan K3. Seperti halang rintang menggantung (monkey bar), lompat tembok, titian ganda, Resusitasi Jantung Paru (RJP) kepada korban yang mengalami serangan jantung, pemadaman menggunakan APAR, evakuasi korban dengan menggunakan SCBA, hingga pemadaman kebakaran gas pada stack flare.

Disampaikan Bagya, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan ketaatan pemenuhan norma K3, serta kesiap-siagaan seluruh insan Pupuk Kaltim dalam mengendalikan, mencegah, dan menghadapi setiap risiko kegiatan perusahaan yang berdampak pada kegiatan K3.

Menurutnya ilmu pengetahuan dan strategi pemadam kebakaran harus selalu dikembangkan.

Rintangan kelima yakni pemadaman menggunakan APAR yang dilakukan oleh perwakilan salah satu tim.
Rintangan kelima yakni pemadaman menggunakan APAR yang dilakukan oleh perwakilan salah satu tim. (HO - Humas PKT)

Sosialisasi mengenai upaya pencegahan serta penanggulangan bencana kebakaran bagi karyawan, juga harus terus ditingkatkan, baik dalam hal evakuasi maupun pertolongan pertama pada kecelakaan dan bencana yang sekiranya terjadi.

“Paling penting, kegiatan ini dapat menguji kesigapan serta keterampilan karyawan Pupuk Kaltim dalam menanggulangi kebakaran dan evakuasi korban kebakaran,” ucap Bagya.

FRC serupa telah dilaksanakan sebelumnya untuk masyarakat Kota Bontang dan Gawil PIKA Pupuk Kaltim.

Oleh karena itu, sangatlah tepat bila ilmu pengetahuan dan strategi pemadam kebakaran selalu dikembangkan dan disosialisasikan melalui kegiatan semacam ini, sebab menyangkut kepentingan masyarakat luas.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Ardian Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved