Berita Pemprov Kalimantan Timur

Dana BOS Ditransfer ke Rekening Sekolah, Pemprov Latih Bendaharawan Sekolah Agar Lebih Hati-hati

oleh karenan itu perlu kehati-hatian dalam pengelolaan keuangaan secara administarsi.

Dana BOS Ditransfer ke Rekening Sekolah, Pemprov Latih Bendaharawan Sekolah Agar Lebih Hati-hati
HUMASPROV KALTIM/YUVITA
Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdaprov Kaltim M Fathul Halim mengalungkan tanda peserta Pelatihan Bendaharawan Sekolah (SMA/SMK/SLB) dan Pelatihan Pemeriksaan Keuangan Daerah khususnya dana BOS angkatan 1 dan 2 Provinsi Kaltim tahun 2020 di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jalan H.A.M Riffadin Samarinda Seberang, Senin (3/2/2020). 

SAMARINDA - Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdaprov Kaltim HM Fathul Halim mewakili Gubernur Kaltim secara resmi membuka Pelatihan Bendaharawan Sekolah (SMA/SMK/SLB) dan Pelatihan Pemeriksaan Keuangan Daerah khususnya dana BOS angkatan 1 dan 2 Provinsi Kaltim tahun 2020, di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jalan H.A.M Riffadin Samarinda Seberang, Senin (03/02).

Fathul Halim mengatakan atas nama Pemprov Kaltim diberikan apresiasi atas terselenggaranya pelatihan bendaharawann kepada KPA khususnya kepala sekolah, karena ini tentunya hal yang baru karena penyerahan pengelolaan keuangan yang dilakulan langsung kepada kepala sekolah, oleh karenan itu perlu kehati-hatian dalam pengelolaan keuangaan secara administarsi.

“Maka dari itu, dengan pelaksanaan pelatihan kepada bendaharawan tentu diharapkan kepada bendaharawan dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan di instansi masing-masing, khususnya pada pegawai di lingkungan SMK, SMK dan SLB , dengan harapan ke depan semakin terwujudnya pemerintahan yang bersih dan tata kelola keuangan yang baik,” kata Fathul Halim.

Fathul Halim juga mengharapkan peserta agar dapar berperan aktif pada kegiatan ini, sekaligus menunjukkan kesungguhan pemprov Kaltim dalam mendukung upaya diperolehnya kembali opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI.

Kepala Badan Pengembagan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kaltim HM Aswin mengatakan, pelatihan tersebut merupakan upaya Pemprov Kaltim untuk meningkatkan kapasitas kepala sekolah yang berkaitan dnegan pengelolaan keuangan khususnya dana Bosnas maupun Bosda,

“Para Kepala sekelola maupun guru diajarkan tentang bagaimana pengelolaan akuntansi berbasis akrual yang sesuai dengan standar yang dilaksanakan pemerintah saat ini. Kemudian bendahara juga diberikan pengetahuan penerapan-penerapan yang berkaitan dengan kegiatan pengelolaan keuangan, khususnya pada bendahara,” kata Aswin.

Pelaksanaan pelatihan Bendaharawan SMA/SMK/SLB angkatan 1 dan 2 diikuti 61 peserta dilaksanakan pada 3-8 Februari 2020. Kemudian pelatihan pemeriksaan keuangan daerah khususnya dana BOS angkatan 1 dan 2 juga diikuti 61 peserta dengan dari 3 sampai 6 Februari 2020. (mar/ri/adv).

Tags
Dana BOS
Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved