Disebabkan Grounding Listrik, BPBD Penajam Paser Utara Pantau Rumah Warga yang Munculkan Hawa Panas 

Rumah warga bernama Nuning (60) di gang Padaidi RT 04 Kelurahan Penajam, Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Tribunkaltim.co/HO BPBD Penajam Paser Utara
Penyebab munculnya hawa panas dari bawah tanah di salah satu rumah warga di gang Padaidi RT 04 Kelurahan Penajam, Kecamatan Penajam Kabupaten Paser Utara, Kalimantan Timur, akhirnya terkuak. 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Rumah warga bernama Nuning (60) di gang Padaidi RT 04 Kelurahan Penajam, Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur masih tampak kosong.

Diketahui, rumah tersebut sempat menghebohkan warga karena dari bawah tanah teras rumah warga tersebut telah memunculkan hawa panas sejak Rabu, (29/1/2020) hingga Senin, (3/2/2020).

Hingga pada akhirnya, Senin, (3/2/2020) tim Dinas ESDM Provinsi Kaltim turun langsung mengecek penyebabnya.

Alhasil, setelah dibongkar, ternyata penyebab hawa panas tersebut berasal dari adanya kabel grounding listrik yang terbungkus oleh pipa plastik dan penuh dengan air.

Sehingga kesimpulan tim dilapangan bahwa hawa panas yang masih ada saat ini adalah hawa panas yang tersisa akibat adanya arus listrik di area gronding pada saat listrik terpasang pada saat awal kejadian.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) PPU, Nurlaila. Selasa, (4/2/2020).

“Tim akan melakukan pemantauan selama 2 sampai 3 hari kedepan untuk memastikan hawa panas sudah tidak ada lagi dan jika sudah dapat di pastikan aman, maka akan dilakukan pemasangan kembali instalasi listrik oleh PLN," ujarnya.

Berdasarkan pantauan Tribunkaltim.co, pasca pengecekan kemarin. Hari Ini, Selasa ,(4/2/2020) rumah yang berisi 4 jiwa dalam dua kepala keluarga (KK) tersebut masih dalam keadaan kosong dan kondisi teras rumah masih dalam keadaan terbongkar dan belum ditutup usai petugas melakukan pengecekkan kemarin.

Sementara itu, pemilik rumah, Nuning menceritakan, kejadian tersebut berawal dari Rabu malam, (29/1/2020) dirinya merasakan hawa panas di dalam rumahnya. dengan kondisi tersebut, ia keluar rumah untuk mencari angin segar, tetapi saat dirinya menginjakkan kaki di teras rumahnya, lantai teras terasa sangat panas.

“Pas saya keluar rumah, itu lantai teras rumah saya kok panas betul,” tuturnya.

Halaman
1234
Penulis: Aris Joni
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved