Berita Pemprov Kalimantan Timur

Buah Peduli Bencana, Kaltim Raih Penghargaan Provinsi Aktif Penanggulangan Bencana dari BNPB

Di Sela Rakornas Penanggulangan Bencana yang dibuka Presiden Joko Widodo di Sentul Internasional Convention Center (SICC) Bogor, Selasa (4/2/2020).

Buah Peduli Bencana, Kaltim Raih Penghargaan Provinsi Aktif Penanggulangan Bencana dari BNPB
HUMASPROV KALTIM/SAMSUL ARIFIN
Gubernur Kaltim Kepedulian Kaltim Isran Noor menyapa para pengungsi bencana tsunami Palu dan Donggala yang dirawat di RSUD Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan, Oktober 2018 lalu. Kepedulian Kaltim terhadap para korban bencana di daerah tetangga ini mendapat apresiasi pihak BNPB, hingga Plt Kepala BPBD Kaltim Nazrin mendapat penghargaan dari Kepala BNPB Doni Monardo. 

BOGOR – Langkah sigap dan kepedulian Kaltim dalam penanganan berbagai bencana di Tanah Air mendapat apresiasi pusat. Kaltim menjadi satu dari tiga provinsi di wilayah tengah Indonesia yang menerima penghargaan sebagai provinsi dengan partisipasi aktif terhadap penanggulangan bencana tahun 2019.

Penganugerahan penghargaan dilakukan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen (Purn) Doni Monardo di sela Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana yang dibuka Presiden Joko Widodo di Sentul Internasional Convention Center (SICC) Bogor, Selasa (4/2/2020).

"Kita sangat bersyukur, karena kerja-kerja kita dalam penanggulangan bencana di Kaltim maupun di provinsi lain diapresiasi oleh BNPB," kata Gubernur Kaltim H Isran Noor didampingi Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim H Nazrin.

Kaltim menerima penghargaan ini bersama Provinsi Bali dan Gorontalo untuk wilayah tengah. Selain itu, BNPB juga memberikan penghargaan yang sama untuk tiga provinsi di wilayah barat dan tiga provinsi di wilayah timur. Secara keseluruhan ada 9 provinsi di Indonesia yang dinilai sangat aktif dalam penanggulangan bencana.

Selain provinsi, penghargaan juga diberikan kepada 9 kabupaten dan kota, ditambah penghargaan kepada media-media nasional yang memiliki atensi besar terhadap pemberitaan penanggulangan bencana.

"Kami juga ingin mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada para relawan dan komunitas peduli bencana, TNI dan polri, serta semua pihak yang telah bekerjasama bahu-membahu dalam penanganan bencana. Ke depan kita harus lebih kompak lagi," kata pungkas Isran.

Seperti diketahui, BPBD Kaltim dan BPBD Kabupaten/Kota di Kaltim selalu bergerak cepat setiap kali terjadi bencana, baik di Kaltim maupun di luar Kaltim. Di dalam Kaltim, beberapa kali musibah banjir di Samarinda, kedua pemimpin Kaltim terjun langsung ke lokasi-lokasi banjir, bahkan tanpa sepengetahuan media.

Pada kesempatan yang lain di awal masa kepemimpinannya, Gubernur Isran Noor juga langsung mendatangi para korban tsunami Palu dan Donggala yang dirawat di beberapa rumah sakit di Balikpapan dan para pengungsi yang ditampung di Lanud Dhomber Balikpapan.

Kaltim juga aktif membantu dan mengirimkan staf dan relawan ke daerah-daerah yang tertimpa bencana, di antaranya di Nusa Tenggara Barat dan Yogyakarta. (sul/adv)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved