PON Papua 2020

Cabor dalam PON Papua Asal Kalimantan Timur Ajukan Try Out Keluar Negeri, Ini Tanggapan KONI Kaltim

Cabang Olahraga ( Cabor ) yang lolos PON XX 2020 Papua telah merencanakan untuk melakukan try out keluar negeri.

Penulis: Christoper Desmawangga | Editor: Budi Susilo
Tribunkaltim.co/Nevrianto HP
Ketua KONI Kaltim, Zuhdi Yahya saat meninjau latihan atlet panahan Kaltim melihat kesiapan latihan jelang PON Papua yang diselenggarakan Oktober 2020, di samping Lapamgam GOR Sempaja Samarinda Utara Kalimantan Timur, Kamis (6/2/2020). 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Cabang Olahraga ( Cabor ) yang lolos PON XX 2020 Papua telah merencanakan untuk melakukan try out keluar negeri.

Sebut saja Bola Tangan yang menggagendakan try out ke Eropa, Wushu ke China, Sepatu Roda ke Jerman dan sejumlah cabor lainnya.

Namun, semua rencana tersebut dapat terealisasi menunggu keputusan dari KONI Kaltim.

Dijelaskan Ketua Umum KONI Kaltim, Zuhdi Yahya, try out diberikan kepada cabor yang atletnya berhasil meraih medali emas di Pra PON.

Try out dilaksanakan saat Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) maupun setelahnya. Pemilihan lokasi try out pun harus disesuaikan dengan adanya lawan tanding minimal sepadan dengan si atlet maupun yang lebih tinggi kemampuannya.

"Harus cari lawan tanding yang sepadan, makanya kerap dilakukan di luar negeri, khususnya yang dapat emas di Pra PON," jelasnya, Kamis (5/2/2020).

Keputusan mengizinkan cabor melakukam try out didasarkan dari hasil telaah Bidang Bina dan Prestasi (Binpres) melalui bidang Teknik.

Try out sendiri penting dilakukan oleh atlet guna mengukur kemampuannya selama menjalani latihan.

"Keputusannya merupakan hasil dari telaah bidang teknik, mana yang akan keluar negeri, mana yang di dalam negeri saja," jelasnya.

"Artinya bukan disetujui atau tidak, tapi berdasarkan hasil telaah nanti," pungkasnya.

Sementara itu, saat ini seluruh cabor yang lolos ke PON XX 2020 Papua masih menjalani program desentralisasi mandiri.

Setelah itu, nantinya KONI Kaltim akan melaksanakan Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) yang waktu pelaksanaanya masih dalam tahap pembahasan oleh KONI Kaltim, karena berkaitan dengan penganggaran.

Pihak KONI Kaltim Blusukan ke Daerah

KONI Kalimantan Timur (Kaltim) melaksanakan monitoring ke setiap cabang olahraga (Cabor) yang lolos ke PON XX 2020 Papua.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved