PLN Kaltimra

Kolaborasi Untuk Pantau Rasio Elektrifikasi, PLN Gandeng Universitas Tandatangani Nota Kesepahaman

Apa yang dilakukan oleh rekan-rekan akan membantu PLN dalam memetakan wilayah yang sudah berlistrik PLN maupun yang belum, atau daerah yang sudah berl

Kolaborasi Untuk Pantau Rasio Elektrifikasi, PLN Gandeng Universitas Tandatangani Nota Kesepahaman
HO - PLN Kaltimra
Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara PLN Unit Induk Wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (UIW Kaltimra) bersama dengan Universitas Mulawarman dan Universitas Borneo Tarakan di Samarinda, Rabu (06/02). 

TRIBUNKALTIM.CO - Nota kesepahaman terkait kerjasama dalam hal pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat antara PLN Unit Induk Wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (UIW Kaltimra) bersama dengan Universitas Mulawarman dan Universitas Borneo Tarakan, telah ditandatangani di Samarinda, Rabu (06/02).

Sigit Witjaksono selaku General Manager PLN UIW Kaltimra, bersama dengan Prof. Dr. Adri Patton M.Si selaku Rektor Universitas Borneo Tarakan dan Dr. Sri Wahyuningsih, M.Si selaku Wakil Dekan I Fakultas MIPA Universitas Mulawarman telah sepakat untuk berkolaborasi dalam hal pelaksanaan survey rasio elektrifikasi di Kaltim dan Kaltara.

Dalam waktu dekat, PLN akan melakukan penghitungan rasio elektrifikasi yang tersebar di Kaltim dan Kaltara. Rasio elektrifikasi dihitung berdasarkan perbandingan jumlah sambungan listrik pelanggan dibagi dengan jumlah rumah kepala keluarga (KK). Dari rasio elektrifkasi dapat dipetakan daerah-daerah yang sudah dan belum dialiri listrik PLN.

Seiring dengan pemerataan tenaga listrik yang terus diupayakan, maka angka rasio elektrifikasi akan terus mengalami perubahan. Agar besaran rasio elektrifikasi dapat ditentukan dengan tepat, maka PLN bersama Universitas Mulawarman dan Universitas Borneo Tarakan bersinergi untuk memantau pertumbungan rasio elektrifikasi tersebut.

Dituturkan oleh Sigit, saat ini rasio eletrifikasi PLN di Kaltim 92.1% dan Kaltara sebesar 91.07%. Angka ini akan terus digenjot untuk mencapai target hingga 100% di tahun 2021

"Hasil survey ini akan menjadi produk akademis, sehingga hasilnya lebih independen. Apa yang dilakukan oleh rekan-rekan akan membantu PLN dalam memetakan wilayah yang sudah berlistrik PLN maupun yang belum, atau daerah yang sudah berlistrik secara swadaya tapi belum dilistriki oleh PLN. Sehingga kedepannya kita bisa fokus untuk melistriki daerah yang termasuk dalam wilayah kerja kami," ungkap Sidik.

Tak hanya itu, lanjut Sigit, dalam nota kesepahaman juga disepakati bahwa mahasiswa Universitas Mulawarman dan Universitas Borneo Tarakan dapat melakukan magang kerja tersertifikasi dan memberikan wadah untuk mereka merasakan atmosfer lingkungan bekerja di PLN UIW Kaltimra.

Sementara itu, Adri selaku Rektor Universitas Borneo Tarakan mengapresiasi kinerja PLN dalam memberikan pelayanan prima dalam percepatan pembangunan proyek ketenagalistrikan terutama untuk mendukung pendidikan di Kaltim dan Kaltara.

Pihaknya pun berharap bahwa kerjasama ini dapat berlangsung dengan baik selama lima tahun kedepan. "Baik PLN dan akademisi sama-sama mendapatkan manfaat yang positif atas sinergi ini," ungkapnya. (dha)

Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Ardian Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved