Polisi Tangkap Penyebar Hoaks Soal Organ Tubuh Siswi SMP di Tasikmalaya yang Hilang, Begini Faktanya

Seorang warga penyebar berita hoaks di media sosial terkait kasus kematian Delis Sulistina (13) alias Desi, siswi SMP Negeri 6, Tasikmalaya ditangkap

KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA
Satreskrim Polres Tasikmalaya terus menyelidiki pengungkapan kasus misteri kematian siswi SMP di gorong-gorong sekolahnya, Jumat (31/1/2020). 

TRIBUNKALTIM.CO, TASIKMALAYA - Seorang warga penyebar berita hoaks di media sosial terkait kasus kematian Delis Sulistina (13) alias Desi, siswi SMP Negeri 6, Kota Tasikmalaya, diamankan Polres Tasikmalaya Kota, Kamis (6/2) petang.

Tersangka berinisial C (45) yang tinggal di Kecamatan Mangkubumi, diciduk jajaran Satreskrim di rumahnya.

Tersangka mengakui perbuatannya, namun berkilah membut kabar itu untuk mengingatkan warga agar hati-hati.

Anom mengatakan dalam uanggahan di media sosial facebook, tersangka menyebut mendapat informasi dari kepolisian bahwa almarhumah Delis merupakan korban penculikan dan organ tubuhnya diambil. Disebutkan pula, agar ibu-ibu berhati-hati.

"Jelas ini menyesatkan dan membuat resah warga lainnya. Padahal seperti diketahui bersama, termasuk oleh kalangan jurnalis, bahwa jenazah Delis dalam keadaan utuh. Tidak ada organ yang hilang," kata Anom.

Jasad Delis ditemukan dalam gorong-gorong depan sekolahnya, Senin (27/1). Saat itu pula C membuat postingan seolah-olah Delis korban penculikan dan organ jantung serta ginjalnya diambil. Padahal jasad Delis saat berhasil diangkat utuh tak kurang suatu apa.

Puluhan warga pun menyaksikan kondisi jasad Delis saat berhasil dievakuasi. Jasad dalam kondisi utuh. Tidak ada bekas luka robek atau operasi di bagian depan tubuhnya.

Akibat perbuatannya itu, tambah Anom, tersangka terancam hukuman penjara 2-10 tahun, sesuai dengan UU tentang tentang menyebarkan berita bohong dan meresahkan.

"Kami mengimbau warga agar bijak dalam berkomentar di media sosial. Kalau sifatnya meresahkan atau berbau fitnah, akan terjaring tindak pidana IT," ujar Anom.

Jokowi tak Mau Pulangkan WNI Eks ISIS, Gus Nadir : Saya Ngga Paham dengan Pernyataan Presiden

Bongkar Kekayaan Suami Lina Zubaedah, Adik Teddy Sebut Kakaknya Punya Deposito Rp 2M dan Uang Dollar

Pemprov Kaltim Rapat Koordinasi Antisipasi Virus Corona: 15 Warga Kaltim Jalani Observasi di Natuna

TWK jadi Momok Lolos Passing Grade SKD? Ini Link Download Contoh Soal CPNS Lengkap, TIU dan Lainnya

Kematian siswi SMP di Tasikmalaya, DS (13) yang ditemukan tewas di depan gorong-gorong sekolah masih belum menemui titik temu.

Berbagai kecurigaan yang muncul hingga kini masih terus dalam penyelidikan.

Halaman
123
Editor: ade mayasanto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved