Berita Pemkab Kutai Barat

Masih Prioritaskan Infrastruktur Dasar, Bupati Kubar Apresiasi Masyarakat Berperan dalam Pembangunan

antara lain semenisasi jalan kampung, perbaikan/rehab kantor desa, peningkatan fasilitas listrik dan air bersih.

Masih Prioritaskan Infrastruktur Dasar, Bupati Kubar Apresiasi Masyarakat Berperan dalam Pembangunan
HUMASKAB KUBAR
Bupati Kutai Barat FX Yapan bersama rombongan meninjau pembangunan semenisasi jalan kampung saat menghadiri syukuran HUT ke-205 Kampung Linggang Marimun, Kecamatan Mook Manaar Bulatn, Kamis (30/1/2020). 

SENDAWAR - Peningkatan pembangunan infrastruktur dasar publik yang semakin merata ke seluruh wilayah Kutai Barat (Kubar) masih menjadi prioritas.

"Hal ini diharapkan mampu menjadi salah satu pendukung suksesnya pembangunan dan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Bupati Kubar FX Yapan.

Bupati menyampaikan hal ini pada syukuran HUT ke-205 Kampung Linggang Marimun di Gedung Lembaga Adat Kampung Linggang Marimun, Kecamatan Mook Manaar Bulatn, Kamis (30/1/2020).

Ditambahkan, pemerintah daerah terus mengupayakan pembangunan di setiap kampung yang bersifat infrastruktur umum, sehingga dapat menunjang kebutuhan masyarakat ke depannya. Di antaranya beraktivitas sehari-hari seperti bekerja dan bersekolah.

Adapun beberapa fasilitas umum di Kampung Linggang Marimun yang sedang diupayakan dan telah dilaksanakan pembangunannya, antara lain semenisasi jalan kampung, perbaikan/rehab kantor desa, peningkatan fasilitas listrik dan air bersih.

"Semuanya fasilitas umum tersebut, bersumber dari APBN maupun APBD,"terangnya.

Hal inilah wujud nyata kerja pemerintah, guna mengupayakan pemerataan kesejahteraan masyarakat dan berdasarkan pada kebutuhan masyarakat itu sendiri, bukan kepentingan pribadi atau golongan.

Bupati menyampaikan apresiasi kepada masyarakat sudah berpartisifasi setiap proses pembangunan yang dilaksanakan baik di Kampung Linggang Marimun maupun di Kubar.

"Fasilitas yang telah di bangun tersebut, agar dapat dijaga dan dipelihara dengan baik,"imbaunya.

Dahlia Hartati, Kepala Kampung Linggang Marimun menambahkan pembangunan pada 2017 sampai 2019, di Kampung Linggang Marimun yang telah dilaksanakan. Semenisasi jalan kampung dengan volume 600 meter berlokasi di RT 1. Sumber dana dari APBN 2017.

Rehab lapangan voli, pembangunan peningkatan fasilitas air bersih dan listrik. Sumber dana APBD 2018 dan APBN 2018. Membangun jalan semenisasi kampung di RT 4 dari dana APBN 2019. "Sekarang dalam proses pengerjaan dan saat ini, kami masih terkendala terkait material yang harus disiapkan,"terangnya.

Sedangkan, pembangunan infrastruktur yang masih direncanakan, yakni semenisasi jalan gang, pembangunan SMA/SMK sederajat linggang marimun, pembangunan dermaga (pelabuhan) kampung dan wacana pemindahan gedung SDN 009, yang semula berlokasi di RT 1 dan memindahkan ke RT 4.

"Dengan pertimbangan apabila air banjir gedung SD tersebut, ikut terlelap (kebanjiran),"terangnya. (hms6)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved