Berita Pemkab Kutai Barat

Bakal Jadi Magnet Wisata Baru, Wabup Ajak Masyarakat Sukseskan Festival Danau Jempang 2020

"Mari sambut FDJ 2020 ini agar lebih meriah dan sukses. Supaya lebih banyak wisatawan yang berkunjung," ajak Wabup.

Bakal Jadi Magnet Wisata Baru, Wabup Ajak Masyarakat Sukseskan Festival Danau Jempang 2020
HUMASKAB KUBAR
Wakil Bupati Kutai Barat Edyanto Arkan disertai Camat Jempang Jumra dan unsur pejabat lainnya menaiki perahu ces (ketinting) memantau kondisi sekitar Danau Jempang. Daerah ini akan menggelar even besar berupa Festival Danau Jempang (FDJ) pada April 2020. 

SENDAWAR - Festival Danau Jempang (FDJ) akan digelar pada April 2020 mendatang di Kecamatan Jempang. Diharapkan pelaksanaan FDJ 2020 ini dapat menjadi pemicu majunya perkembangan pariwisata di Kutai Barat.

"Keberadaan festival ini bisa menjadi magnet wisata serta pengembangan kehidupan masyarakat adat, hingga pengakuan negara akan eksistensi adat budaya setempat," kata Wabup Kubar Edyanto Arkan saat memantau Danau Jempang (DJ) di Kecamatan Jempang.

Dalam FDJ ini nantinya ada kegiatan besar yang dilakukan seluruh Kaltim dan semuanya berpusat di Kecamatan Jempang. FDJ 2020 juga sebagai percontohan di Kaltim. Tunjukkan bahwa Kubar mampu melaksanakan even-even secara provinsi dan nasional.

"Mari sambut FDJ 2020 ini agar lebih meriah dan sukses. Supaya lebih banyak wisatawan yang berkunjung," ajak Wabup.

Camat Jempang Jumra menambahkan DJ merupakan salah satu aset wisata Kubar yang potensial dan menjadi salah satu objek wisata andalan. Hal ini dikarenakan keindahan wisata danau ini, tidak hanya mencakup keindahan alamnya yang dapat dinikmati.

Tetapi kelestarian seni budaya dan adat-istiadat masyarakat sekitar danau. Potensi seni budaya lokal masyarakat sekitar tempat tersebut terpusat di Kampung Tanjung Isuy, ibu kota Kecamatan Jempang. Selain itu, fauna-fauna seperti Burung Kuntul yang bermain-main di danau menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

DJ memiliki hamparan keindahan seluas sekitar 14.600 hektare dengan kedalaman tujuh hingga delapan meter. Danau ini dikelilingi oleh beberapa kampung. Diantaranya, Muara Ohong, Tanjung Jone, Tanjung Jan, Tanjung Isuy, dan Kecamatan Penyinggahan.

"Jika dikelola dengan baik, wisata danau ini akan berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat setempat yang pada akhirnya mewujudkan kehidupan yang lebih sejahtera dan lebih baik," terangnya. (hms6)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved