Berita Pemprov Kalimantan Timur

Pembangunan Tol Samarinda-Bontang Dimulai Tahun Ini, Gubernur Minta Sukseskan PSN di Kaltim

Gubernur menyebut, tol Samarinda - Bontang (Sambon) menjadi satu dari empat PSN di Kaltim yang mulai dibangun pada tahun 2020 ini.

Pembangunan Tol Samarinda-Bontang Dimulai Tahun Ini, Gubernur Minta Sukseskan PSN di Kaltim
net
Kawasan jalan Gunung Menangis di Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kaltim ini merupakan bagian dari Trans Kaltimporos Samarinda-Bontang-Sangatta. Jalan yang menanjak ini kerap menimbulkan korban lakalantas. Tahun 2020 ini, pemerintah akan memulai pembangunan jalan tol Samarinda-Bontang sepanjang 95 km. 

SAMARINDA – Seluruh rakyat Kaltim wajib mendukung dan menyukseskan pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) di Kaltim.

“Kita patut bersyukur dan wajib mendukung agar PSN terlaksana sukses," kata Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor di Pendopo Odah Etam Komplek Kantor Gubernur Kaltim Jalan Gajah Mada Samarinda, pekan lalu.

Gubernur menyebut, tol Samarinda - Bontang (Sambon) menjadi satu dari empat PSN di Kaltim yang mulai dibangun pada tahun 2020 ini.Yaitu sepanjang 95 kilometer dengan nilai investasi sekitar Rp11 triliun.

Menurut Isran, hikmah Kaltim ditetapkan sebagai ibu kota negara (IKN) baru Republik Indonesia memberikan nuansa baru bagi kawasan provinsi di luar Pulau Jawa.

Khususnya berkaitan pembangunan infrastruktur. Seperti pembangunan jalan tol Samarinda Bontang yang merupakan kelanjutan jalan tol Balikpapan Samarinda sepanjang 99,02 km.

Pembangunan jalan tol Samarinda Bontang sama halnya pembangunan jalur aksesibilitas di daerah lainnya. Yakni, memudahkan dan memperlancar distribusi barang dan orang, sehingga memacu pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, akan tumbuh kawasan atau sentra-sentra ekonomi baru, terutama wilayah yang selama ini belum dan sulit terjangkau. Termasuk kawasan potensi pariwisata.

Untuk Kaltim lanjut Isran, sesuai statusnya sebagai IKN baru Indonesia, tepatnya Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kebupaten Kutai Kartanegara., akan memerlukan dukungan dari berbagai daerah sebaga kawasan penyangga IKN.

Maka, ketersediaan fasilitas jalan sudah menjadi kewajiban pemerintah membangunnya. Guna memudahkan aksesibilitas arus barang dan orang.

"Selain percepatan penuntasan tol Balikpapan Samarinda. Segera dibangun tol Samarinda Bontang, tol Balikpapan Sepaku, tol Kutai Kartanegara dan tol Penajam Paser Utara ke pusat IKN," jelasnya.

Bahkan ungkap Isran, di tahun ini sesuai tekad Presiden Jokowi untuk aksesibilitas IKN juga dibangun Jembatan Tol Balikpapan-Penajam.

Selain, percepatan penuntasan pembangunan Jembatan Pulau Balang yang menghubungkan kawasan industri Kariangau Balikpapan dengan kawasan ekonomi Buluminung Penajam Paser Utara. (yans/ri/adv)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved