Berita Pemkab Kutai Barat

Buka Dialog Kerukunan Antarumat Beragama, Sekkab Kubar Minta Jadikan Perbedaan Perekat Persatuan

Kita harus mengelola keberagaman ini, sebagai kekuatan besar masyarakat kita sehingga tidak mudah terpecah belah

Buka Dialog Kerukunan Antarumat Beragama, Sekkab Kubar Minta Jadikan Perbedaan Perekat Persatuan
HUMASKAB KUBAR
Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Barat Yacob Tullur pada acara pembukaan kegiatan Menata Kerukunan Umat Beragama di Tengah Pluralisme di Gedung Sport Hall, Kecamatan Linggang Bigung, Kamis (6/2/2020). 

SENDAWAR - Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kutai Barat Yacob Tullur mengimbau masyarakat untuk menjadikan perbedaan sebagai perekat persatuan serta kekuatan besar untuk membantu pemerintah membangun daerah.

"Perbedaan jangan diperdebatkan atau dipertentangkan. Ini harus disyukuri sebagai rahmat Tuhan Yang Maha Esa. Kita harus mengelola keberagaman ini, sebagai kekuatan besar masyarakat kita sehingga tidak mudah terpecah belah," kata Yacob Tullur.

Dia menyampaikan ini pada pembukaan kegiatan menata kerukunan umat beragama di tengah pluralisme di Gedung Sport Hall, Kecamatan Linggang Bigung, Kamis (6/2/2020).

Kubar dihuni masyarakat dengan beragam suku, agama, ras dan antar golongan. Selama ini masyarakat hidup rukun, aman dan damai dengan mengusung toleransi tinggi, di masyarakat.

Sejak dulu masyarakat hidup berdampingan dan terus menjaganya hingga sekarang. Sangat disayangkan, jika keharmonisan yang susah payah dijaga itu ternoda akibat provokasi pihak yang tidak bertanggungjawab.

"Maka itu, masyarakat Kubar harus menjaga kerukunan yang dibina dengan baik ini, sampai kapan pun,"tegasnya.

Yacob Tullur menyampaikan Kubar akan memasuki pilkada secara serentak pada September 2020 mendatang. Sebagai dasar suksesnya pelaksanaan tersebut, kerukunan dan kondusifitas dalam sosial bermasyarakat harus terjaga dengan baik.

Perbedaan pandangan dan pilihan dalam pesta demokrasi merupakan hal yang wajar. Tetapi dengan sikap saling menghargai dapat dipastikan pilkada dapat berlangsung dengan aman, lancar dan sukses.

"Semua harus tetap satukan tekad dalam menjaga Kubar, tetap kondusif. Pilkada sendiri merupakan sebuah proses penting yang akan menentukan arah pembangunan Kubar kedepannya,"ujarnya.

Kepala Kesbangpol Kubar Suwito mengatakan, kegiatan ini dimaksud mempererat tali persaudaraan antar suku yang berbeda, adat istiadat dan agama serta penguatan kerukunan umat beragama, untuk mendukung terciptanya kondusifitas dan stabilitas kamtibmas, di Kubar.

Pelaksana tugas (Plt) Camat Linggang Bigung, Kristian menambahkan kondisi wilayah Kecamatan Linggang Bigung sangat baik dan kondusif.

Hal ini dibuktikan dengan kunjungan pemerintah kecamatan, di beberapa kampung dalam menjalin silaturahmi bersama kepala kampung, tokoh agama dan masyarakatnya.(hms6)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved