Berita Pemprov Kalimantan Timur

Hadiri Hari Jadi Kota Balikpapan, Isran dan Rizal Mendadak Beradu Argumen Rambutan vs Salak

Pada kesempatan ini Gubernur Isran Noor menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi Provinsi Kaltim pada 2019 hampir menyentuh 7 persen.

Hadiri Hari Jadi Kota Balikpapan, Isran dan Rizal Mendadak Beradu Argumen Rambutan vs Salak
Kawaii Beauty Japan
Buah salak 

BUKAN Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, jika tidak bisa mencairkan suasana dalam setiap sesi pidatonya. Selain pantun-pantun segar yang selalu ditunggu, undangan yang hadir pun tak sabar menunggu guyonannya sebagai pemanis acara.

"Kita santai-santai aja, tidak usah tegang," ujarnya seraya memohon keiklasan yang hadir untuk bersabar karena sambutan yang akan dibacakan berjumlah 123 halaman.

Walikota Balikpapan Rizal Effendi tak mau kalah. Saat giliran menyampaikan sambutan, Rizal meminta kesabaran yang sama, karena sambutannya akan memakan waktu hingga 123 menit.

Pada kesempatan ini Gubernur Isran Noor menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi Provinsi Kaltim pada 2019 hampir menyentuh 7 persen.

Ini merupakan kabar gembira dan seluruh sektor ekonomi menjadi bergairah. Ia kemudian menghubungkan dengan gairah musim buah rambutan.

"Buah Rambutan yang tadinya hanya berbuah sekali setahun atau satu musim, sekarang menjadi dua kali setahun. Lihat, sekarang saja masih banyak rambutan," ujarnya.

Terinspirasi buah yang disebut Gubernur Isran, Rizal lagi-lagi melawan. Ia beri kabar bahwa Balikpapan khususnya Kecamatan Balikpapan Timur, saat ini tengah berjuang untuk menjadi sentra produksi salak.

Diharapkan kelak Kota Balikpapan, bukan hanya dikenal sebagai sentra buah pepaya dan buah naga, tapi juga buah salak.

"Batik Balikpapan yang saya kenakan ini adalah motif salak. Ini merupakan upaya dari Ketua Dekranasda Kota Balikpapan, yaitu istri saya sendiri untuk mengangkat batik kota Balikpapan,” memuji kreativitas sang istri.

Batik yang dimaksud Rizal merupakan padanan baju taqwo yang dikenakan hampir sebagian besar undangan.
Uniknya, pohon salak dan buahnya juga diangkut sebagai dekor taman saat berlangsungnya upacara Hari Jadi Kota Balikpapan, Senin (5/2/2020).

Disebutkan Rizal, upaya ini sebagai dukungan terhadap para petani salak.

Baju taqwo bubuhan Balikpapan juga dikenakan istri gubernur yang juga Ketua Dekranasda Provinsi Kaltim Norbaiti Isran Noor dan istri Walikota Balikpapan, Arita Rizal Effendi. (inni/sul/adv)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved