RSUD Ratu Aji Putri Botung Penajam Paser Utara Bentuk Tim Penanganan Virus Corona, Sedia Ruang Pojok

Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara Kalimantan Timur, RSUD Ratu Aji Putri Botung langsung melakukan rapat koordinasi soal virus Corona.

TribunKaltim.Co/Aris Joni
RSUD Ratu Aji Putri Botung Penajam Paser Utara Bentuk Tim Penanganan Virus Corona 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Menindaklanjuti Rakor dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara Kalimantan Timur, RSUD Ratu Aji Putri Botung langsung melakukan rapat koordinasi internal RSUD untuk kesiapsiagaan rumah sakit terkait virus Corona (nCoV) dilantai II, Selasa, (11/2/2020).

Rakor dipimpin langsung oleh direktur dr.Jansje Grace Makisurat dan didampingi oleh Kepala bidang pelayanan medis dr. H.Lukasiwan ES dan dihadiri oleh unsur-unsur pimpinan manajemen, dokter spesialis dan umum, serta seluruh kepala ruangan yang ada di rumah sakit.

Dalam Rakor peserta mendapatkan pemaparan dari dokter spesialis paru, dr. Yenny Fransiska, Sp.P tentang gejala klinis dan penatalaksanaan Corona virus.

Kemudian rakor juga membahas alur dan mekanisme penatalaksanaan pasien dengan suspek Corona virus, sekaligus membentuk tim siaga 2019 nCoV Pneumonia di RSUD Ratu Aji Putri Botung.

Direktur RSUD Ratu Aji Putri Botung Penajam Paser Utara, dr Jensje Grace Makisurat mengungkapkan, walaupun saat ini belum terdapat adanya warga Penajam Paser Utara yang terindikasi terkena virus Corona, pihaknya tetap melakukan antisipasi guna mencegah masuknya penyebaran virus tersebut ke Penajam Paser Utara.

Oleh karena itu ucap dia, pihaknya membentuk tim internal siaga virus Corona yang melibatkan unsur tenaga dari internal RSUD Ratu Aji Putri Botung Penajam Paser Utara.

“Timnya kita bentuk untuk internal RSUD dulu,” ujarnya.

Lanjut dia, dalam tim tersebut juga terdapat koordinator free hospital yang menangani pasien sebelum berada di rumah sakit, saat dirumah sakit dan menangani permasalahan rujukan.

“Kita juga akan berikan kontak person rumah sakit untuk penanganannya,” tuturnya.

Dirinya menjelaskan, alur prosedur penanganannya yakni bermula dari puskesmas, karena puskesmas merupakan tempat identifikasi awal pasien sebelum dirujuk ke rumah sakit.

Halaman
1234
Penulis: Aris Joni
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved