Wujudkan Balikpapan Kota Ramah Anak, Walikota Rizal Effendi Ajukan Revisi Perda Perlindungan Anak

Walikota Balikpapan Rizal Effendi hari ini menghadiri Paripurna yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Thohari Aziz.

Wujudkan Balikpapan Kota Ramah Anak, Walikota Rizal Effendi Ajukan Revisi Perda Perlindungan Anak
Tribunkaltim.co/Miftah Aulia Anggraini
Rapat Paripurna pembacaan nota penjelasan Walikota Balikpapan mengenai raperda perubahan tentang penyelenggaraan perlindungan anak, di DPRD Kota Balikpapan, Selasa (11/2/2020). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Walikota Balikpapan Rizal Effendi hari ini menghadiri rapat Paripurna yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Thohari Aziz, di gedung DPRD Balikpapan, Selasa (11/2/2020).

Dalam paripurna kali ini, Walikota Balikpapan dua periode tersebut membacakan nota penjelasannya terhadap raperda perubahan tentang penyelenggaraan perlindungan anak.

Perubahan raperda ini dilakukan dalam rangka mengoptimalisasi hak-hak dan perlindungan anak di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

"Ya ada Raperda perubahan ini yang jelas pemerintah kota ingin bisa lebih memperhatikan khususnya dalam hal perlindungan bagi anak yang berhadapan dengan hukum," ujar Rizal Effendi, Selasa (11/2/2020).

Perhatian pemkot tersebut akan dilakukan melalui pemberian hak di bidang pendidikan, dimana setiap anak berhak memperoleh pendidikan untuk mengembangkan potensinya.

Hal ini tak lepas dari seringnya masalah yang terjadi di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Baca Juga:

 Ibu Kota Indonesia di Kalimantan Timur, Viral Apartemen Borneo Bay City, Begini Tanggapan Kementerian ATR

 Tatap Ibu Kota Baru, Borneo Bay City Plaza Balikpapan Bakal Bangun Taman Besar, Target Rampung 2021

Rata-rata anak yang berhadapan dengan hukum memiliki resiko besar untuk dikeluarkan dari sekolahnya.

"Banyak yang akhirnya justru malah tidak mendapat haknya di bidang pendidikan dan itu kita ingin lindungi hak tersebut," tambahnya.

Selain itu, Raperda yang dibahas kali ini juga mengatur penanganan anak yang berhadapan dengan hukum dalam sistem peradilan pidana anak.

Halaman
1234
Penulis: Miftah Aulia Anggraini
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved