Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Persiapan Penuhi Pangan IKN, Bupati Dorong Petani-Nelayan KTNA Samboja Terus Kembangkan Pertanian

kecamatan Samboja memiliki potensi besar pada tanaman padi sawah dan padi ladang, hortikultura, perkebunan, peternakan dan perikanan.

Persiapan Penuhi Pangan IKN, Bupati Dorong Petani-Nelayan KTNA Samboja Terus Kembangkan Pertanian
HUMASKAB KUKAR
Bupati Kukar Edi Damansyah yang juga Ketua KTNA Kukar menyerahkan bendera KTNA pada acara pelantikan 23 KTNA Desa/Kelurahan se-Kecamatan Samboja periode 2020 – 2025 di pantai Ambalat Samboja, Minggu (9/2/2020). 

TENGGARONG – Potensi pertanian dalam arti luas di Kutai Kartanegara tersebar di seluruh Kecamatan. Salah satunya adalah adalah Kecamatan Samboja.

Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan berdasarkan data yang ada, kecamatan Samboja memiliki potensi besar pada tanaman padi sawah dan padi ladang, hortikultura, perkebunan, peternakan dan perikanan.

Untuk itu, Edi berharap masyarakat tani dan nelayan bersama – sama dengan pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) untuk mengelola lebih baik lagi sektor pertanian tersebut menjadi lebih maju dan berkembang.

Ditambahkanya kondisi dimasa depan tentunya, posisi Samboja sangat strategis dengan kehadiran Ibu Kota Negara (IKN) yang memerlukan bahan pangan guna untuk memenuhi kebutuhan pangan penduduk ibukota negara.

“Penataan dengan perencanaan yang matang disektor pertanian untuk mempersiapkan kecamatan Samboja sebagai penyuplai bahan pangan perlu dilakukan sebaik mungkin,” ujar Edi yang juga Ketua KTNA Kukar, pada acara pelantikan 23 kelompok KTNA Desa/Kelurahan se-kecamatan Samboja periode 2020 – 2025 di pantai Ambalat Samboja, akihir pekan tadi.

Edi meminta agar KTNA mengambil peran untuk mencari solusi akan masalah – masalah dengan cara melakukan pemberdayaan petani, peternak dan nelayan, sehingga menjadi mandiri terutama terkait dengan bahan – bahan input yang diperlukan dalam budidaya pertanian, peternakan maupun nelayan.

“Jika kita bergandengan tangan secara bersama – sama betulungan etam bisa, kita selesaikan masalah dan tantangan yang kita hadapi bisa diselesaikan dan bisa mencapai ketahanan pangan dan mewujudkan kemadirian dan kedaulatan pangan,” tegasnya.

Dalam acara tersebut dilakukan penyerahan bendera pataka secara simbolis kepada perwakilan Ketua Desa/kelurahan se-Kecamatan Samboja sebagai tanda pelantikan oleh ketua Umum pengurus Kelompok KTNA Kabupaten Kukar Edi Damansyah.

Dilanjutkan dengan penyerahan bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kukar oleh Bupati Kukar Edi Damansyah berupa sertifikat BST dan SKK 60 mil kepada Misran, Darlin, Darwis, Syarifudin Adil, Sabri dan bantuan mesin cash Kelompok Usaha Bersama Setia Hati Kelurahan Ambarawang Laut M Eliyas.(Dokpim06)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved