Berita Pemkab Kutai Barat

Durian Berlimpah di Kubar, Yayuk Yapan Dorong Masyarakat Jadikan Peluang Usaha

"Hal ini karena durian sangat disukai masyarakat Indonesia," kata Ketua Dekranasda Kubar Yayuk Seri Rahayu Yapan

Durian Berlimpah di Kubar, Yayuk Yapan Dorong Masyarakat Jadikan Peluang Usaha
HUMASKAB KUBAR
Ketua Dekranasda Kubar Yayuk Seri Rahayu Yapan mencicipi buah durian Kubar di Kampung Perigiq Kecamatan Jempang, akhir Januari lalu. Ia mendorong masyarakat untuk menjadikannya sebagai peluang usaha mengingat durian dengan variasi produknya sangat digemari masyarakat Indonesia. 

SENDAWAR - Peluang usaha jualan buah durian menjadi salah satu bisnis yang tidak dianggap remeh. Hasilnya pun sangat menguntungkan, apabila dikelola dengan baik.

"Hal ini karena durian sangat disukai masyarakat Indonesia," kata Ketua Dekranasda Kubar Yayuk Seri Rahayu Yapan usai mencicipi buah durian Kubar di Kampung Perigiq Kecamatan Jempang, akhir Januari lalu.

Yayuk menambahkan, Kubar kaya akan potensi alamnya dengan kondisi tanah subur, menjadikan lahan pertanian dan ditumbuhi berbagai hasil pertanian. Di antaranya, buah lokal seperti durian, rambutan, keramu dan cempedak.

Peluang tersebut, masyarakat harus memanfaat buah lokal ini untuk dijadikan panganan khas Kubar atau usaha lainnya.

Apalagi Kubar saat ini musim buah durian, warga harus memanfaatkannya. Misalkan, selain buahnya dijual, bisa juga dijadikan panganan seperti dodol dan lempok durian.

"Hal ini akan memberikan nilai tambah atau pendapatan bagi masyarakat itu sendiri dan meningkatkan ekonomi lokal. Terutama Kubar,"ujarnya.

Hal senada dikatakan, Kepala Bidang Industri Disdagkop dan UKM Kubar, Yuyun Diah S. Masyarakat harus membaca peluang usaha yang ada di Kubar, salah satunya buah lokal. "Kami siap mendukung program ini dan mempromosikannya,"ujarnya.

Sebelum melaksanakannya, sumber daya manusia yang dimiliki harus melakukan pelatihan, baik cara menjalankan pengemasan, alat produksi dan lainnya. Dengan memiliki skill yang sudah dibentuk, program ini akan berjalan dengan baik.

"Sehingga ini bisa membuka lapangan pekerjaan baru dan meningkatkan pendapatan masyarakat,"terangnya. (hms6)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved