News Video

NEWS VIDEO Terima Nama Ding Dea Laeng Hong, Kapolda Janji Jaga Nama Tersebut

Lewat upacara adat yang khas, penganugrahan nama Ding Dea Laeng Hong diberikan pada Kapolda Kaltim, Irjen Pol Muktiono

Editor: Faizal Amir

TRIBUN KALTIM.CO- Kedatangan Kapolda Kalimantan Timur Irjen Muktiono ke Polres Kutai Timur di Sangatta, Kamis (13-14//2020), mendapat sambutan positif dari warga Kutim, khususnya warga suku dayak. Hal ini dibuktikan dengan penganugrahan nama kebesaran adat Dayak oleh  Lembaga Adat Besar Dayak, Kung Kemul Kaltim-Kaltara pada Kapolda. 

Lewat upacara adat yang khas, penganugrahan nama Ding Dea Laeng Hong diberikan pada Kapolda Kaltim, Irjen Pol Muktiono. Upacara digelar di teras Makopolres Kutim dipimpin langsung, Ketua Adat Lembaga Kung Kemul Kaltim Kaltara, Indra Bengeh. Disaksikan para pejabat utama Polda Kaltim dan Polres Kutai Timur, serta awak media.

 Pemberian nama, menurut Indra Bengeh, melalui proses panjang. Ada tiga nama yang disiapkan dan setiap malam mengurus dengan cara tradisional. Hingga akhirnya terpilih nama Ding Dea Laeng Hong. Ding Dea artinya benteng matahari dan Laeng Hong adalah ibu yang melahirkan Ding Dea. Sehingga keseluruhan berarti, seorang pria/pahlawan, satria yang mendiami dan menguasai dua alam, yaitu di bumi dan di langit. 

“Ding Dea Laeng Hong diakui sebagai manusia yang mempunyai kemampuan luar biasa melebihi kemampuan manusia yang hidup di bumi. Mampu memimpin kehidupan di bumi dan suatu saat naik ke langit bagaikan burung enggang,” kata Indra. 

Sosok ksatria dan penuh pengabdian ini diturunkan ibunya dari langit untuk mengatur, mengurus dan memperbaiki kehidupan di bumi yang sudah semakin memburuk. “Manusia yang turun dari langit adalah orang pilihan yang tersembunyi dari pandangan manusia dan muncul seketika di tengah manusia,” ungkap Indra. 

Mendapatkan nama suku Dayak, Muktiono berjanji akan menjaga nama tersebut dengan sebaik-baiknya demi bangsa dan negara. Ia  juga berharap dan mohon doa restu untuk dapat memikul amanah yang diberikan padanya. “Tanggung jawab yang diberikan pada saya, akan betul-betul saya amalkan dan mengaplikasikan nama tersebut dalam pelaksanaan tugas saya sebagai anggota Polri,” ujarnya.(*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved