News Video

NEWS VIDEO LBW Borneo Karate Open Tournament & Festival 2020, Lahirkan Sejumlah Juara Baru

LBW Borneo Karate Open Tournament & Festival 2020 memasuki hari terakhir. Sejumlah juara baru tercipta pada event turnamen berskala internasional ini.

TRIBUNKALTIM.CO - LBW Borneo Karate Open Tournament & Festival 2020 memasuki hari terakhir. Sejumlah juara baru tercipta pada event turnamen berskala internasional ini.

Turnamen tahunan itu sendiri diselenggarakan mulai 14 - 16 Februari 2020 di Gor Segiri, Jalan Kesuma Bangsa oleh Dojo Lebah Bukit Wira (LBW).

Turnamen ini merupakan ajang yang ketiga kalinya diselenggarakan dalam rangka HUT Kota Samarinda ke - 352 tahun, sekaligus wadah pembinaan atlet Karate.

Ketua Panitia LBW Borneo Karate Open Tournament & Festival 2020, Inphil Jonathan menerangkan, dihari terakhir penyelenggaraan menyisakan sejumlah kelas tanding, diantaranya Kumite maupun Kata pada kelompok festival.

"Ini untuk sabuk hijau ke bawah, rata-rata yang ikut anak usia dini," tuturnya kepada Tribunkaltim.co, Minggu (16/2/2020).

Lanjut dirinya menjelaskan, dari hasil pertandingan saat ini, terlahir sejumlah juara baru. Namun, sejumlah kelas lainnya masih didominasi oleh atlet lama yang sudah malang melintang pada Kejuaraan kejuaraan lainnya.

"Beberapa ada yang baru, tapi masih didominasi dengan atlet lama. Ini menunjukan atlet lama tetap konsisten berlatih," ungkapnya.

Menurutnya, dari hasil laga yang sudah dilaksanakan, terdapat tiga Dojo maupun perguruan yang bersaing ketat untuk mendapatkan juara umum, diantaranya Mulawarman, Inkado Provinsi Kaltim dan Lebah Bukit Wira (LBW).

"Dua tahun berturut-turut LBW yang keluar sebagai juara umum, untuk saat ini persaingan menuju juara umum cukup ketat, ada Mulawarman dan Inkado Provinsi yang cukup banyak mendapatkan medali kali ini," urainya.

Setiap atlet yang berhasil menjuara berhak mendapatkan medali, sertifikat dan uang pembinaan, serta penghargaan bagi atlet yang terpilih sebagai Best of the Best.

"Dari turnamen ini untuk menyumbangkan atlet ke Provinsi, biar FORKI (Federasi Olahraga Karate-do Indonesia) saja yang menilai, kami hanya ingin turnemen ini sukses, bisa turut menciptakan Karateka yang handal kedepannya," Kata Inphil.

"Kita harap tahun depan bisa terlaksana lagi, tergantung Walikota Samarinda terpilih nantinya, karena tiga tahun turnamen ini bisa terselenggara, karena dukungan dari pak Syaharie Jaang," sambungnya.

Pasalnya, dua kali terakhir penyelenggaraanya, sejumlah atlet jebolan LBW Borneo Karate Open Tournament & Festival berhasil tembus hingga nasional, bahkan internasional.

Sejauh ini telah terdapat tiga Karate jebolan LBW Borneo Karate Open Tournament & Festival yang berhasil mengikuti Kejuaraan Dunia, dan terdapat diantaranya yang keluar sebagai juara dunia.

"Kebanyakan dari ini terpilih untuk ikut O2SN (Olimpiade Olahraga Sekolah Nasional), karena memang banyak yang ikut turnamen ini berasal dari kalangan pelajar. Beberapa Karateka lainnya juga sukses di Kejuaraan Dunia," pungkasnya. (*)

Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Wahyu Triono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved