Paser Sudah Punya Perda Pengarusuatamaan Gender, Ini Target Selanjutnya

Kabupaten Paser percaya diri lomba Anugrah Parahita Ekapraya (APE) 2021, Bidang Pengarusutamaan Gender (PUG) dan Pemberdayaan Perempuan

HO- DPPKBP3A Paser
Seluruh Pokja PUG membubuhkan tanda tangan sebagai bentuk komitmen bersama mempercepat pelaksanaan dan implementasi PUG di Kabupaten Paser, Senin (10/2/2020). 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER – Kabupaten Paser percaya diri siap terlibat dalam lomba Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2021, sebagai penghargaan tertinggi bagi daerah yang peduli di Bidang Pengarusutamaan Gender (PUG) dan Pemberdayaan Perempuan.

Seperti disampaikan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Paser Dra Hadijah, Minggu (16/2/2020).

“Kabupaten Paser sudah punya Perda tentang PUG, jadi kami siap mengikuti lomba APE 2021,” kata Hadijah.

Untuk meraih penghargaan tertinggi itu, lanjut Hadijah, perlu dibangun komitmen bersama dalam menyusun program kegiatan.

“Karena itu dalam sosialisasi kemarin (Senin, 10/2/2020) di Pendopo, kami harapkan Pokja PUG selaku peserta sosialisasi semakin menguat pemahamannya,” ucapnya.

Sementara itu, Kabid PUG dan Pemberdayaan Perempuan Dinas pada PPKBP3A Paser Kasrani mengatakan rata-rata daerah terkendala pada 7 prasyarat awal pelaksanaan PUG.

Salah satu penyebab utamanya adalah belum kuatnya komitmen setiap daerah dalam menyikapinya.

“Dari Ke-7 prasyarat tersebut mana yang menjadi daya ungkit paling besar agar menimbulkan dampak atau pengaruh paling besar ke prasyarat lainnya, itu yang diintervensi terlebih dulu.

Semua dimulai dari komitmen, jika ini terpenuhi prasyarat yang lainnya akan secara berantai terpenuhi,” kata Kasrani.

Karena permasalahan PUG dapat tuntas dimulai dari tingkat OPD, tentunya perlu komitmen seluruh OPD.

Halaman
12
Penulis: Sarassani
Editor: Cornel Dimas Satrio Kusbiananto
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved