Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Bupati Kukar Ajak Masyarakat Berpartisipasi Aktif Sukseskan Sensus Penduduk 2020

“Saya mengajak seluruh masyarakat dan menginstruksikan semua jajaran ASN (Aparatur Sipil Negara) di lingkungan Pemkab Kukar berpartisipasi aktif

Bupati Kukar Ajak Masyarakat Berpartisipasi Aktif Sukseskan Sensus Penduduk 2020
HUMASKAB KUKAR
Sekda Kukar Sunggono membacakan sambutan tertulis Bupati Kukar saat membuka Rapat Koordinasi Sensus Penduduk tahun 2020 di Grand Elty Hotel, Tenggarong, Senin (17/2/2020) pagi. 

TENGGARONG – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah mengajak kepada semua masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam mensukseskan pelaksanaan Sensus Penduduk (SP) Tahun 2020.

“Saya mengajak seluruh masyarakat dan menginstruksikan semua jajaran ASN (Aparatur Sipil Negara) di lingkungan Pemkab Kukar berpartisipasi aktif membantu petugas dalam melaksanakan sensus penduduk tahun 2020 di Kutai Kartanegara,” imbau Edi Damansyah dalam sambutan tertulisnya dibacakan Sekda Kukar Sunggono saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Sensus Penduduk tahun 2020 di Grand Elty Hotel, Tenggarong, Senin (17/2/2020) pagi.

Menurut dia, Badan Pusat Statistik (BPS) telah melakukan inovasi dan pembaruan metode dibandingkan dengan enam sensus penduduk sebelumnya.

SP2020 menggunakan kombinasi dengan memanfaatkan data administrasi kependudukan dari Direktorat Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) sebagai data dasar pendataan penduduk secara lengkap dan memanfaatkan pengumpulan data dengan menggunakan gadget atau smartphone.

“SP2020 akan dilaksanakan dalam dua periode, pertama adalah sensus penduduk online yang dilaksanakan mulai tanggal 15 Februari 2020 dan berakhir pada tanggal 31 Maret 2020, sedangkan periode kedua adalah kegiatan verifikasi dan pencacahan di lapangan yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 sampai 31 Juli 2020. SP2020 ini sangat penting dan menjadi kunci suksesnya pelaksanaan SP2020,” ujarnya.

Ia berharap melalui rakor SP2020 di Kukar dapat dilaksanakan dengan baik sebagai dasar dalam menetapkan perencanaan dan kebijakan pemerintah.

Hal ini berdasarkan Undang-Undang (UU) No 16/1997 tentang Statistik, dan Peraturan Pemerintah (PP) No. 51/1999 tentang Penyelenggaraan Statistik, serta Rekomendasi PBB mengenai Sensus Penduduk dan Perumahan Tahun 2020, maka Badan Pusat Statistik atau BPS akan melaksanakan Sensus Penduduk Tahun 2020.

“Saya juga menginstruksikan semua Kepala Organisasi Perangkat Daerah dapat memberikan arahan kepada jajarannya agar berperan aktif mendukung sepenuhnya pelaskanaan SP2020 serta dapat menyebarluaskan informasi tentang SP2020,” ajaknya. (dokpim1)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved