Berita Pemkab Kutai Barat

Dekranasda Kubar Patenkan Tujuh Motif Kriookng, Siap Promosikan Kriookng ke Malaysia dan Hongkong

Adapun tujuh motif itu terdiri, Kriookng motif Ketau, Belanai (Guci), Nagaaq (Naga), Pagar, Perisai, Kodook (kura-kura) dan Cihiiq (Tiang).

Dekranasda Kubar Patenkan Tujuh Motif Kriookng, Siap Promosikan Kriookng ke Malaysia dan Hongkong
HUMASKAB KUBAR
Sekda Kabupaten Kutai Barat YacobTullur pada penyerahakan sertifikat hak cipta Kriookng di Luuq Melapeh, Kampung Linggang Melapeh, Kecamatan Linggang Bigung, Rabu (19/2/2020). Ada Tujuh motif Kriookng asal Kampung Linggang, Melapeh, Kutai Barat yang resmi mendapatkan pengakuan hak cipta karya seni dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Dirjen Kekayaan Intelektual RI. 

SENDAWAR - Tujuh motif Kriookng asal Kampung Linggang, Melapeh, Kutai Barat (Kubar) resmi mendapatkan pengakuan hak cipta karya seni dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Dirjen Kekayaan Intelektual RI.

Adapun tujuh motif itu terdiri, Kriookng motif Ketau, Belanai (Guci), Nagaaq (Naga), Pagar, Perisai, Kodook (kura-kura) dan Cihiiq (Tiang).

Sekkab Kubar Yacob Tullur mewakili Bupati Kubar FX Yapan menyampaikan setelah memperoleh sertifikat dan pengakuan dari pemerintah pusat ini, bisa menjadi payung hukum melindungi aset kekayaan kearifan lokal.
Ke depannya dapat menjadi salah satu kerajinan yang dapat diunggulkan, meningkatkan pendapatan ekonomi dan mendorong tumbuhnya usahawan ekonomi kreatif dan mandiri.

"Berikutnya, menjadi semangat dan pendorong para perajin semakin meningkatkan inovasi dan kreativitas dalam memajukan kerajinan tangan khas Kubar,"kata Yacob Tullur.

Hal ini disampaikan pada penyerahan sertifikat hak cipta Kriookng, di Luuq Melapeh, Kampung Linggang Melapeh, Kecamatan Linggang Bigung, Rabu (19/2/2020).

Ketua Dekranasda Kubar Yayuk Seri Rahayu Yapan menambahkan setelah terbitnya hak cipta kerajinan Kriookng ini, agar para perajin dapat lebih produktif dan berkreasi menghasilkan kriookng yang lebih berkualitas dan berbagai aneka ragam produk yang dapat bersaing, di pasaran baik dalam dan luar daerah sampai ke manca negara.

Perlu diketahui, pada 2019 lalu Dekranasda Kubar memfokuskan mempromosikan kerajinan Kriookng ke luar daerah.

"Saat itu, kita promosikan, di negara Malaysia dan Hongkong. Sambutan kedua negara itu, sangat antusias dengan kerajinan kriookng ini. Selain hak cipta ini, kedepan akan membuat buku tentang kriookng,"ujarnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Camat Linggang Bigung, Kristian menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah, Dekranasda Kubar, dinas terkait, masyarakat dan para perajin kriookng yang sudah memperjuangkan secara bersama-sama untuk memperoleh hak cipta tersebut.

Hal ini suatu kebanggaan Kecamatan Linggang Bigung dan masyarakatnya, terutama warga Kampung Linggang Melapeh. "Demi pengembangan kerajinan dan kesenian di wilayahnya, diharapkan Dekranasda dan dinas terkait terus melakukan pembinaan kepada para perajinnya,"ucapnya.

Lydia Selvi selaku Perajin Kriookng menambahkan, dengan memperoleh sertifikat tersebut, pengembangan usaha kain Kriookng ini dapat terus berkembang. Untuk mencapai ini, tentunya dengan kerjasama dan koordinasi baik.

Program ke depan, kerajinan kriookng ini akan dikembangkan dan berinovasi dengan beberapa produk, seperti tas, dompet, taplak meja, sarung bantal dan lainnya. (hms6/ NAW)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved