Berita Pemkab Kutai Barat

SDN 001 Barong Tongkok Gelar Sehari Berbudaya, Bupati: Tanamkan Seni dan Budaya sejak Dini

Turut hadir Dandim 0912 Kubar, Ketua TP PKK Kabupaten dan Ketua DWP Kubar, perwakilan PT TCM, perwakilan Bankaltimtara dan WWF.

SDN 001 Barong Tongkok Gelar Sehari Berbudaya, Bupati: Tanamkan Seni dan Budaya sejak Dini
HUMASKAB KUBAR
SDN 001 Barong Tongkok menggelar kegiatan 'Sehari Berbudaya' yang dirangkai dengan panen jagung di kebun sekolah, Kamis (20/2/2020). Acara ini dibuka Asisten II Setkab Kubar Ayonius. 

SENDAWAR - Menanamkan seni dan budaya sejak dini untuk pembentukan karakter anak bangsa, SDN 001 Barong Tongkok menggelar kegiatan 'Sehari Berbudaya' yang dirangkai dengan panen jagung di kebun sekolah, Kamis (20/2/2020).

Kegiatan sehari berbudaya yang dipusatkan di Aula SDN 001 Barong Tongkok diharapkan mampu menambah kecintaan para murid akan kekayaan ragam seni dan budaya yang harus terus dijunjung dan dilestarikan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Kubar FX Yapan SH dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten II Ayonius S Pd MM. Turut hadir Dandim 0912 Kubar, Ketua TP PKK Kabupaten dan Ketua DWP Kubar, perwakilan PT TCM, perwakilan Bankaltimtara dan WWF.

Pengenalan akan seni dan budaya harus ditanamkan sejak usia dini, oleh karenanya Pemkab Kutai Barat menyambut baik dan mendukung dilaksanakannya kegiatan Sehari Berbudaya dengan melakukan berbagai kegiatan kesenian, seperti menari, berijoq/lagu daerah dan melakukan perlombaan olahraga tradisonal seperti belogo serta begasing.

Bupati juga berharap kegiatan semacam ini dapat dijadikan agenda rutin tahunan, bukan saja lanjutan dari proyek perubahan semata, tetapi kiranya menjadi ajang penyegaran bagi murid- murid tidak jenuh belajar di kelas. Tetapi dapat melaksanakan atau praktik langsung mengenai hal yang berkaitan dengan seni budaya.

Secara khusus Bupati juga berpesan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang menaungi sekolah di Kutai Barat, terus mendukung program-program yang ada.

Jika kegiatan ini lebih dikembangkan dan lingkupnya diperluas tentu akan memberikan kontribusi dalam kemajuan seni dan budaya yang ada, mengingat Kutai Barat sendiri mendapatkan banyak penghargaan dari Pemerintah Provinsi Kaltim hingga pusat terkait Bidang Kebudayaan.

Mengembangkan seni budaya menjadi modal dasar kita untuk terus berkarya memajukan kebudayaan kita ditingkat yang lebih lagi.

"Kepada Dinas pendidikan seni budaya ataupun kerajinan khas daerah dapat menjadi tambahan mata pelajaran atau muatan lokal ataupun ekstrakulikuler disetiap sekolah," harap Bupati.

Dalam kesempatan tersebut Bupati mengimbau agar SDN 001 Barong Tongkok dapat terus berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan, Camat, Lurah, TP PKK, DWP dan Dekranasda untuk melaksanakan kegiatan semacam ini.

Dengan sinergitas yang baik maka program yang diawali dengan kemandirian sekolah dapat berlangsung terus menerus. Hal ini merupakan contoh baik bagi sekolah lainnya untuk juga melaksanakan program seperti ini.

"Dengan diberi pengertian sejak dini saya setuju bahwa sebagai generasi milenial, anak-anak juga harus memiliki bidang kompetensi lain diluar prestasi akademik saja," tandasnya. (hms10)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved