Breaking News:

News Video

NEWS VIDEO Museum Batiwakkal Patut Dikunjungi Jika Berkunjung ke Berau

Kabupaten yang dijuluki Bumi Batiwakkal ini menyimpan wisata sejarah yang patut dikunjungi jika berada di Berau.

Editor: Djohan Nur

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Wisata di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, memang tak ada habisnya.

Selain terkenal dengan wisata bahari, kabupaten yang dijuluki Bumi Batiwakkal ini menyimpan wisata sejarah yang patut dikunjungi jika berada di Berau.

Salah satunya Museum Batiwakkal yang berada di seberang sungai segah, tepatnya di Jl Kuran, Kecamatan Gunung Tabur, Kabupaten Berau.

Atau dapat ditempuh sekitar lima menit menggunakan perahu ketinting dari Tanjung Redeb, dan sekitar 20 menit menggunakan roda dua atau empat dari kantor bupati menuju museum Batiwakkal.

Museum Batiwakkal merupakan objek wisata sejarah yang menunjukkan sejarah Kerajaan Gunung Tabur dan merupakan salah satu asset Kabupaten Berau.

Museum ini selalu ramai dikunjungi, terutama jika akhir pekan yakni hari Sabtu dan Minggu, juga masa libur sekolah.

"Selalu ramai dengan pengunjung apalagi kalau hari libur sekolah dan akhir pekan pak, banyak masyarakat maupun wisatawan ke museum ini," kata pemandu wisata museum Batiwakkal Sayyid Rahmansyah ke TribunKaltim.co,

"Pengunjung setiap harinya cukup besar, karena setiap hari jumlah pengunjung dapat mencapai 40 hingga 60 orang," tuturnya.

Sejumlah barang-barang kerajaan masih terpelihara di museum Batiwakkal yang menggambarkan masyarakat Berau yang cinta kebersamaan.

Di dalam museum kita bisa menjumpai replika singgasana kerajaan yang dihiasi oleh benda-benda yang digunakan oleh Raja untuk menerima tamu dan bermusyawarah dengan pejabat-pejabat kerajaan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved