Ibu Kota Baru

Korea Selatan Tertarik Investasi Ibu Kota Baru Indonesia di Penajam dan Kukar Kalimantan Timur

Selain China dan Amerika Serikat melalui Donald Trump berminat investasi di ibu kota baru Indonesia di Kalimantan Timur, ada Korea Selatan!

Korea Selatan Tertarik Investasi Ibu Kota Baru Indonesia di Penajam dan Kukar Kalimantan Timur
TribunKaltim.Co/Budi Susilo
IBU KOTA BARU - Rencana pemindahan Ibu Kota Negara Indonesia dari Jakarta ke Penajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur berdampak pada geliat bisnis properti di Kota Balikpapan Kalimantan Timur. Lokasi Kota Balikpapan dekat dengan kawasan Ibu Kota Negara Indonesia di Penajam Paser Utara, Kaltim. Foto Borneo Bay City Balikpapan 14 Desember 2019 siang. 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Kabarnya, selain China dan Amerika Serikat melalui Donald Trump berminat investasi di ibu kota baru Indonesia di Kalimantan Timur

Ternyata negara Korea Selatan pun mulai lirik, berminat untuk investasi di pembangunan Ibu Kota Negara Indonesia di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara Kalimantan Timur

Ada pertemuan antara Presiden Jokowi dengan utusan dari negara Korea Selatan, membahas seputaran pembangunan ibu kota baru di Indonesia

Kali ini Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menerima Menteri Lingkungan Hidup Republik Korea Cho Myung-Rae di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (25/2/2020) pagi.

Dalam pertemuan itu, Cho menyatakan ketertarikan Korea Selatan untuk turut terlibat dalam pembangunan ibu kota baru RI di Penajam Passer Utara - Kutai Kartanegara ( Kukar ), Kalimantan Timur.

"Disampaikan Korea Selatan juga berminat di Ibu Kota baru dan Bapak Presiden menyambut positif karena itu artinya ada peluang untuk bisa kerja sama," kata Kepala Bappenas Suharso Monoarfa kepada wartawan usai pertemuan.

Kendati demikian, menurut Suharso, belum ada pembahasan lebih jauh terkait bidang apa yang diminati oleh Korsel.

Cho dalam pertemuan itu hanya mengungkapkan bahwa Korea Selatan sudah memiliki pengalaman dalam membangun kota hijau dan ramah lingkungan.

"Belum menyampaikan itu (bidangnya). Mereka mengatakan punya pengalaman di green city, pengalaman di sustainable city. Pak menteri sendiri itu juga punya pengalaman, latar belakang di bidang urban development," ucap Suharso.

Suharso menambahkan, kedatangan Cho ke Indonesia adalah untuk menghadiri Peluncuran Partnering for Green Growth and Global Goals (P4G) di Kantor Bappenas, Senin kemarin.

Halaman
123
Editor: Budi Susilo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved