Pejabat Desa di Kalimantan Timur Bermasalah Masih Menjabat, Staf Ahli Kemendagri: Harus Segera Ganti

Sesuatu hal akan menjadi mudah, apabila desa-desa bermasalah hukum segera mengganti pejabat yang bermasalah.

Pejabat Desa di Kalimantan Timur Bermasalah Masih Menjabat, Staf Ahli Kemendagri: Harus Segera Ganti
Tribunkaltim.co/Purnomo Susanto
Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri ), Hamdani. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Sesuatu hal akan menjadi mudah, apabila desa-desa bermasalah hukum segera mengganti pejabat yang bermasalah, dengan pejabat baru.

Hal ini disampaikan oleh Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri ), Hamdani.

Itu merupakan langkah kongkrit, agar Alokasi Dana Desa ( ADD ) pemerintah pusat dapat segera dikucurkan kepada 4 desa di Kabupaten Kutai Timur ( Kutim ), Provinsi Kalimantan Timur ( Kalimantan Timur )

Seperti disampaikan Staf Ahli Mentri Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kementerian Dalam Negri ( Kemendagri ), Hamdani mengungkapkan, pergantian aparat desa yang bermasalah menjadi solusi agar pencairan dan desa bisa dilakukan.

“Bila kasusnya itu sudah lama, maka kita lihat dulu apakah pejabatnya masih di rentang yang sama, kalau masih sama maka masalahnya dipending dulu,” ujarnya saat diwawancara awak Tribunkaltim.co, pada Rabu (26/2/2020), di Kantor Gubernur Kalimantan Timur, Jalan Gajah Mada, Samarinda.

BACA JUGA:

Gunakan Alokasi Dana Desa dan ADK, Inilah Kondisi Pembangunan Fasilitas Kampung Sembuan Kutai Barat

“Kemudian, cara yang bisa diambil adalah dengan segera melakukan pergantian para pejabat yang bermasalah itu dengan pejabat yang baru. Setelah itu, baru diupayakan agar pencairan dana desa dapat dilakukan,” lanjutnya.

Memang, dijelaskan Hamdani, manakala ada persoalan hukum terjadi dalam penggunaan dana desa maka penyaluran akan ditunda.

Namun, alokasi anggarannya tetap ada.

Setelah masalah hukum diselesaikan maka dana tersebut bisa dicairkan.

Halaman
12
Penulis: Purnomo Susanto
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved