Berita Pemprov Kalimantan Timur

Usai Ikuti Bimtek Cara Menulis, Peserta Rakernas Sahlikada 2020 Kunjungi Kaltim Post

"Pembuatan berita dimulai dari peliputan, editing, layout, pengecekan ulang, pencetakan, hingga proses akhirnya didistribusikan ke berbagai daerah

Usai Ikuti Bimtek Cara Menulis, Peserta Rakernas Sahlikada 2020 Kunjungi Kaltim Post
HUMASPROV KALTIM/YUVITA
Kunjungan rombongan peserta Rakernas Staf Ahli Kepala Daerah (Sahlikada) 2020 disambut oleh Wakil Pemred Kaltim Post Romdani dan Manajer Pemasaran Nur Rahman Saeroni dengan menjelaskan seputar penerbitan Kaltim Post di Ruang Rapat Kantor Kaltim Post Balikpapan, Rabu (26/2/2020). 

BALIKPAPAN - Setelah mengikuti bimbingan teknis (bimtek) mengenai cara menulis yang baik di pagi hari, peserta Rakernis Sahlikada berkunjung ke Kaltim Post, koran terbesar di Kaltim.

Kunjungan rombongan disambut oleh Wakil Pemred Kaltim Post Romdani dan Manajer Pemasaran Nur Rahman Saeroni di Ruang Rapat Kaltim Post Balikpapan, Rabu (26/2/2020).

Rombongan TU Sahlikada diberikan pengetahuan mengenai cara Kaltim Post mengolah sebuah berita. Berita yang dibaca pelanggan dalam bentuk koran, rupanya harus diselesaikan melalui proses panjang.

"Pembuatan berita dimulai dari peliputan, editing, layout, pengecekan ulang, pencetakan, hingga proses akhirnya didistribusikan ke berbagai daerah di Kaltim dan Kaltara. Bahkan, koran juga ada yang dikirim ke Jakarta," tutur Romdani.

Tak hanya dalam bentuk cetak berupa koran, Romdani mengatakan berita juga disajikan di media online. Website online milik Kaltim Post Group yaitu Prokal.co dan e-paper Kaltim Post.

Sehingga, memudahkan masyarakat dalam membaca berita di manapun dan kapan pun. Sebab, bagaimana pun zaman sekarang harus melek teknologi yang serba online.

Selain mendengar proses pembuatan berita, rombongan TU Sahlikada juga diberikan sedikit materi tentang cara membuat berita. Materi tersebut diharapkan mampu diserap oleh peserta agar bisa membuat berita untuk mengisi website Forsakada.info.

"Intinya dalam pembuatan berita harus memiliki news value, seberapa penting dan menarik sebuah peristiwa? Berita yang menarik memiliki unsur magnitude, ekslusif, aktual dan hangat, proximity, prominasi, dramatik, human insterest, unik atau lucu, kebaruan dan informatif," terang Romdani. (yuv/sul/adv)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved