News Video

NEWS VIDEO Hadi Mulyadi Minta Sebelum Bulan Ramadhan Jalan Tol Balsam Sudah Selesai Dikerjakan

Tidak lama lagi bulan suci Ramadhan tiba. Harapan Pemprov Kaltim, pembangunan Jalan Tol Balikpapan - Samarinda selesai sebelum Hari Raya Idul Fitri.

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Tidak lama lagi bulan suci Ramadhan tiba. Harapan Pemprov Kaltim, pembangunan Jalan Tol Balikpapan - Samarinda ( Balsam ) selesai sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi mengungkapkan, keinginannya agar jalan bebas hambatan pertama di Kalimantan tersebut dapat diselesaikan segera. Harapannya, di bulan Mei mendatang Jalan Tol Balsam selesai dibangun.

“Saya akan meminta sejumlah pihak terkait untuk segera menyelesaikan pengerjaan Jalan Tol Balsam seksi I dan seksi V,” ujar Hadi Mulyadi saat ditemui, Rabu ( 26/2/2020 ), di Hotel Selyca Mulia, Samarinda.

“Harapan saya juga, penyelesaian pembangunan sebelum mudik Lebaran Idul Fitri tahun ini. Agar, nantinya pemudik bisa melalui seluruh seksi jalan tol. Terutama, pemudik bisa melalui jalan tol yang saat ini belum selesai dikerjakan,” lanjutnya.

Baca Juga; Rencana Penerapan Tarif Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, Masa Sosialisasi Selama 7 Hari

“Ada kendala pembebasan lahan. Kemudian, ada juga tanah longsor di jalan tol yang belum tertangani. Namun, sesuai laporan yang saya dapatkan pembangunan jalan tol sudah sampai di kilometer 13. Insya Allah, bulan Mei 2020 ini bisa selesai,” tandasnya.

Hadi Mulyadi membeberkan, dua seksi jalan Tol Balsam tersebut masih terkendala. Persoalan pembebesan lahan, menjadi salah satu kendala. Kemudian, masih adanya titik tanah di ruas jalan tol yang mengalami longsor.

Baca Juga; Sejak Diresmikan, Sudah 8 Kali Kecelakaan di Jalan Tol Balikpapan Samarinda, Ini Penyebab Utamanya

Jalan tol Balsam seksi 1 dilaksanakan dengan dana APBD Provinsi Kalimantan Timur tahun anggaran 2015-2018 yang terbagi dalam 5 segmen dan dana APBN pemerintah Pusat tahun anggaran 2015-2017 untuk jembatan, sedangkan untuk Seksi 05 dengan dana APBN pemerintah pusat dan bantuan luar negeri.

Proyek pembangunan Jalan tol awalnya dibagi dalam beberapa tahap dan untuk tahap I dilaksanakan dengan dana APBD Provinsi Kalimantan Timur dengan sistem Tahun Jamak (Multy Years Contract) tahun anggaran 2011-2013.

Halaman
12
Editor: Djohan Nur
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved