Pendidikan Anak, Tanggung Jawab Siapa?

APAKAH Anda sudah peduli dan bertangung jawab terhadap pendidikan anak? Bagaimana bentuknya? Apa cukup dengan memasukkannya ke dunia sekolah dan aneka

Pendidikan Anak, Tanggung Jawab Siapa?
HaloMoney
Pendidikan Anak, Tanggung Jawab Siapa? 

“Pendidikan bukanlah proses mengisi wadah yang kosong. Pendidikan adalah proses menyalakan api pikiran.” (W.B. Yeats)

APAKAH Anda sudah peduli dan bertangung jawab terhadap pendidikan anak? Bagaimana bentuknya? Apa cukup dengan memasukkannya ke dunia sekolah dan aneka bimbingan belajar lain? Bagaimana dengan pengamalan Tri Sentra Pendidikan?

Keberhasilan transfer ilmu pengetahuan per tema pembelajaran di kelas ditentukan banyak hal. Satu diantaranya ialah kepedulian orangtua akan proses pembelajaran sesuai tema.

Membantu anak memahami materi pelajaran, menemani anak belajar, menyediakan fasilitas utama dan penunjang pembelajaran, dan sebagainya merupakan wujud kepedulian orangtua.

Sekolah bukan bengkel atau tempat reparasi. Barang rusak masuk lalu dengan sejumlah dana berharap barang tersebut keluar dalam keadaan normal.

Setiap pembelajaran, pencapaian, akhlak, karakter, dan perilaku anak menjadi tanggung jawab bersama. Bukan hanya pihak sekolah. Ya, pendidikan anak bukan hanya tanggung jawab sekolah.

Pembelajaran tidak hanya semata berfokus pada materi pelajaran. Tugas proyek, penelitian, dan kreativiti pun termasuk dalam tema pembelajaran kelas. Lebih seru lagi apabila anak-anak menyajikan sesuatu sesuai tema kelas sebagai puncak tema.

Misalnya, pementasan seni yang bersentral pada tema kelas. Pertunjukan drama, taritarian, olah vokal, dan puisi bisa menjadi pilihan. Siapa yang bertanggung jawab melatih anak-anak? Tentu saja bukan hanya kewajiban guru atau pihak sekolah.

Orangtua bahkan pihak lain yang berkompeten di bidangnya bisa diundang sebagai guru tamu melatih anak-anak.

Sinergi yang baik antara guru dan orangtua tentunya menambah semangat anak-anak belajar dan berkarya berkarya. Indikator pembelajaran nilai sosial yang anak-anak pelajari dari sinergi orangtua dan guru, diantaranya kerjasama, tolong menolong, saling menghormati dan menghargai, dan tanggung jawab.

Halaman
12
Tags
Opini
Editor: Tohir
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved