Rutan Kelas IIB Balikpapan, Penghuninya Bertambah, Ruang Tahanan Lebihi Kapasitas, Begini Solusinya 

over kapasitas tahanan di rumah tahanan negara atau Rutan Kelas IIB Balikpapan di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, seakan jadi persoalan klasik.

Rutan Kelas IIB Balikpapan, Penghuninya Bertambah, Ruang Tahanan Lebihi Kapasitas, Begini Solusinya 
Tribunkaltim.co/Zainul
Kondisi Rutan Kelas IIB Balikpapan, di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur pada Kamis (27/2/2020). Selain over kapasitas, juga diperparah dengan jumlah tahanan yang masuk di Rutan Kelas II B Balikpapan pun terus bertambah. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Persoalan over kapasitas tahanan di rumah tahanan negara atau Rutan Kelas IIB Balikpapan di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, seakan sudah menjadi persoalan klasik.

Meski sudah sejak dilakukan usulan pelebaran gedung Rutan kepada pemerintah terkait namun hingga kini tak kunjung terealisasi.

Faktanya over kapasitas di Rutan Kelas IIB Balikpapan masih saja terjadi bahkan tidak hanya di Balikpapan saja tetapi hampir setiap Rutan yang ada di wilayah Indonesia.

Selain over kapasitas, juga diperparah dengan jumlah tahanan yang masuk di Rutan Kelas II B Balikpapan pun terus bertambah.

Menurut Sopiana selaku kepala Ruatan Kelas IIB Balikpapan, idealnya Rutan Kelas II B Balikpapan dihuni oleh 350 warga binaan namun faktanya saat ini justru sudah ditempati oleh 1.054 warga binaan atau terjadi over kapasitas 300 persen dari jumlah ideal.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengurangi over kapasitas dengan menerapkan Crash Program pemberian Cuti Bersyarat.

Ada Cuti Menjelang Bebas serta Pembebasan Bersyarat bagi warga binaan.

Sebelumnya warga binaan dalam Crash Program warga binaan diwajibkan memiliki penjamin baik keluarga maupun orang dekat warga binaan.

Sopiana menjelaskan bahwa untuk saat ini dapat diterapkan crash program sesuai dengan resolusi pemasyarakatan tanpa ada penjamin dari pihak warga binaan.

Kalau napi tidak ada penjamin maka secara aturan tidak dapat diusulkan pembebasan bersyarat, cuti bersyarat atau cuti menjelang bebas.

Halaman
12
Penulis: Zainul
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved