Tiga Tahun Lebih Terbengkalai, Perawatan Taman Depan Stadion Panglima Sentik Penajam Terkendala Dana

Ruang Terbuka Hijau yang terletak di depan Stadion Panglima Sentik Kabupaten Penajam Paser Utara ( PPU ) hingga saat ini nasibnya masih belum jelas

Tiga Tahun Lebih Terbengkalai, Perawatan Taman Depan Stadion Panglima Sentik Penajam Terkendala Dana
Tribunkaltim.co, Aris Joni
Taman depan Stadion Panglima Sentik Penajam yang sudah ditumbuhi rumput liar tinggi 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Ruang Terbuka Hijau ( RTH ) yang terletak di depan Stadion Panglima Sentik Kabupaten Penajam Paser Utara ( PPU ) hingga saat ini nasibnya masih belum jelas.

Sejak dibangun tahun 2016 lalu dan memakan anggaran sekitar Rp 1,7 miliar itu saat ini nampak memprihatinkan dan tak terawat.

Berdasarkan pantauan Tribunkaltim.co, di lokasi, RTH tersebut beberapa pohon yang dibeli dengan uang pemerintah banyak yang mati serta banyaknya rumput liar yang tumbuh di RTH dan rumputnya tinggi-tinggi, walau sebagian lahan di RTH itu sudah mulai dibersihkan.

Dikonfirmasi, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan ( Disperkim ) PPU, Rivana Noor mengatakan, pihaknya saat ini masih terkendala keterbatasan anggaran untuk melanjutkan perawatan RTH depan stadion tersebut.

Selain mengalami kekurangan anggaran, diakui Riviana, pihaknya juga mengalami kekurangan personel dan peralatan seperti alat pemotong rumput untuk melakukan pemeliharaan RTH yang memiliki luas sekitar 6,3 hektar tersebut.

“Kalau untuk seluruh PPU kita punya RTH seluas 31 hektar,” ujarnya. Kamis, (27/2/2020).

Daftar Ruang Terbuka Hijau di Kota Balikpapan Cocok untuk Tempat Berkumpul dan Bersantai

Wali Kota Kebut Pemenuhan Ruang Terbuka Hijau di Bontang, Target Tiap Kelurahan 1 RTH

Ia menambahkan, tiap tahunnya pihaknya hanya mendapatkan anggaran sekitar Rp 1 miliar saja, dan dana tersebut sebagian besar digunakan untuk membayar gaji Tenaga Harian Lepas (THL) yang ada di instansinya.

“Anggaran perawatan RTH lhanya sekitar Rp 1 miliar dan dana itu sebagian besar digunakan untuk gaji 75 THL (tenaga harian lepas) yang merawat 31 hektare ruang terbuka hijau di PPU,” pungkasnya.(*)

Penulis: Aris Joni
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved