News video

NEWS VIDEO Kapolda Kaltim Tanam Bibit Pohon Eboni, Bersama Presiden Direktur dan KTT Kideco

Selesai acara ramah tamah, Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono dan jajaran diajak Presiden Direktur PT Kideco Jaya Agung Muhammad Kurnia Ariawan.

Editor: Wahyu Triono

TRIBUNKALTIM.CO – Selesai acara ramah tamah, Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono dan jajaran diajak Presiden Direktur PT Kideco Jaya Agung Muhammad Kurnia Ariawan menuju Arboretum Tandarayan guna pelaksanaan acara penanaman pohon di area lahan reklamasi.

Tapi sebelum Kapolda, Presiden Direktur dan Kepala Teknik Tambang (KTT) Kideco Iddin Arake menanam bibit pohon eboni. Seorang karyawan terlebih dahulu mempresentasekan pencapian pengelolaan Arboretum Tandarayan.

“Arboretum Tandarayan ini berfungsi sebagai kawasan konservasi keanekaragaman hayati, kantong satwa dan wadah pakan satwa, tempat koleksi bibit alami sekitar wilayah tambang, area resapan air atau penjangga, dan kedepan menjadi lahan kawasan budi daya,” karyawan pengelola Arboretum.

Dalam kawasan Arboretum, setidaknya terdapat 40 jenis tanaman, 16 jenis mamalia primata termasuk rusa, landak dan kera. 50 jenis burung, dan lebih beragam serangga yang lebih dari 53 jenis.

Untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di area reklamasi ini, akhir tahun 2019 Kideco Member of Indika Energy Group berhasil membangun manara pantau. Pemanfaatan Arboretum Tandarayan kedepan dibagi 4 zona, yakni zona edukasi dan wisata, zona pemanfaatan dan pengembangan, zona penelitian, dan zona reparian.

Tidak itu saja, cara menanam bibit pohon yang baik dan benar juga disampaikan, pengelola Arboretum Tandarayan menjelaskan bahwa pohon eboni bukan hanya terdapat di Sulewasi, tetapi pohon yang mengasilkan kayu untuk mebel mewah dan alat musik piano serta biola ini juga terdapat di Kaltim.

Setelah dilakukan penyerahan bibit pohon eboni secara simbolis oleh Presiden Direktur Kideco Muhammad Kurnia Ariawan kepada Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono, selanjutnya mereka memulai menanam pohon.

“Bismillahi Rahmanir Rahim, untuk anak cucu kita nanti mari kita membangun bangun negeri ini dengan tetap memperhatikan keberlangsungan kelestarian alam,” kata Muktiono seraya menanam bibit pohon eboni ke lubang tanam yang sudah disediakan di area reklamasi. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved