Antisipasi Wabah Virus Corona Lewat Laut, 5 Kapal Asing Ini yang Diwaspadai KKP di Bontang

Staf Pengendalian Risiko Lingkungan Sanitarian Kantor Kesehatan Pelabuhan ( KKP ) Samarinda, Mardiansyah menyebut ada 5 kapal asing yang jadi atensi

Tribunkaltim.co, Muhammad Fachri Ramadhani
Staf Pengendalian Resiko Lingkungan (PRL) Sanitarian Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Samarinda, Mardiansyah didampingi Dokter Fitri Meyliani usai konferensi pers, Rabu (4/3/2020) di Klinik Pegawai Pemkot Bontang. 

TRIBUNKALTIM.CO, BONTANG - Staf Pengendalian Risiko Lingkungan ( PRL ) Sanitarian Kantor Kesehatan Pelabuhan ( KKP ) Samarinda, Mardiansyah menyebut ada 5 kapal negara asing yang jadi atensi pihaknya di laut.

Untuk diketahui, saat ini KKP bertugas memastikan crew kapal asing yang hendak berlabuh ke dermaga Kota Bontang tak terinfeksi Virus Corona.

Mardiansyah mengungkapkan di wilayah kerja ( Wilker ) Tanjung Laut, ada 5 kapal negara asing yang berdasarkan instruksi pemerintah pusat mesti diwaspadai masuk ke Indonesia. Di antaranya, China, Jepang, Korea, Taiwan dan Filipina.

Kelima negara tersebut jadi prioritas pemeriksaan kesehatan yang dilakukan petugas di tengah laut. Sebelum kapal berlabuh di dermaga, kemudian melakukan aktifitaa bongkar muat.

Antisipasi Virus Corona Masuk di Balikpapan, KKP Larang Kapal Asing Sandar di Pelabuhan Semayang

Waspada Virus Corona! Pupuk Kaltim Lakukan Pemeriksaan Kapal Asing di Laut Sebelum Sandar di Dermaga

"Yang kami antisipasi betul ada 5 negara itu. Namun, baik dari mana pun ( kapal asing ) kami pasti melakukan pemeriksaan seusai SOP penanganan penyakit menular," ungkapnya.

Ia memastikan tak ada satu pun kapal asing yang menurunkan crew dan barang ke daratan Bontang, tanpa dilakukan pemeriksaan oleh petugas KKP.

Pihaknyalah yang menentukan kapal asing yang hendak bersandar di dermaga Kota Bontang. Pemeriksaan kesehatan dilakukan kepada seluruh crew kapal asing tanpa kecuali.

Bila tak ada gejala corona virus yang ditemukan, barulah mereka memberikan izin dengan beekoordinasi dengan KSOP untuk berlabuh di dermaga.

Sebulan 30 Sampai 40 Kapal Asing Sandar di 3 Dermaga Bontang, Waspada Corona KSOP Perketat Pantauan

"Untuk di Bontang, baik di PKT, Badak dan Indominco, setiap kapal asing datang, tak ada satu pun crew turun ke darat tanpa pemeriksaan. Sekarang ini belum ada pemerintah pusat melarang kapal asing masuk ke Indonesia," jelasnya.

Lebih lanjut, Mardiansyah yang ditemani dokter KKP Samarinda Wilker Tanjung Laut Bontang,
Fitri Meyliani mengaku dari Januari 2020 hingga kini, belum ada satu pun mereka menemukan crew kapal asing yang terindikasi Virus Corona.

"Selama saya lakukan (pemeriksaan) di atas kapal semua crew tak ada yang menunjukkan gejala menjurus Virus Corona," bebernya. (Tribunkaltim.co/Fachri)

Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved