Beri Efek Jera, Pelaku Balap Liar di Kutai Timur Disuruh Dorong Motor Sejauh 5 Kilometer

Menjawab keresahan masyarakat di Kecamatan Kongbeng, Kabupaten Kutai Timur, terhadap aksi balap liar dan penggunaan knalpot racing, Polsek razia

HO Polsek Kongbeng
Para pemuda pelaku balap liar di Kecamatan Kongbeng beserta sepeda motornya diamankan di Polsek Kongbeng. Belasan knalpot racing yang disita juga dimusnahkan pagi tadi. 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA – Menjawab keresahan masyarakat di Kecamatan Kongbeng, Kabupaten Kutai Timur, terhadap aksi balap liar dan penggunaan knalpot racing, Polsek Kongbeng melakukan razia di beberapa titik yang menjadi tempat aksi.

Razia tak hanya dilakukan di akhir pekan, tapi juga di hari-hari lain secara tentatif, selama dua bulan belakangan ini. Alhasil, ada 19 batang knalpot racing yang disita, pada Januari –February 2020.

Belasan knalpot racing tersebut, Rabu (4/3/2020), dimusnahkan jajaran Polsek Kongbeng, di hadapan pejabat desa di wilayah Kongbeng, serta tokoh masyarakat setempat. Dengan cara dipotong-potong menjadi bagian kecil sehingga tak dapat digunakan lagi.

“Apa yang kami lakukan hari ini, menjawab keresahan masyarakat Kongbeng, terhadap aksi jalanan pemuda dan anak-anak di Kecamatan Kongbeng. Aksi penggunaan knalpot racing yang memekakkan telinga. Sehingga mereka yang kedapatan berkendara dengan knalpot racing, langsung kami tindak dan kami copot knalpotnya,” ungkap Kapolres Kutim Indras Budi Purnomo didampingi Kapolsek Kongbeng Iptu Hari Supranoto.

Polantas Amankan 23 Motor Milik Remaja Pebalap Liar, Para ABG Ini Buat Grup WA Ajak Balapan

Belasan Motor Boleh Diambil Pasca Lebaran, Masih Mau Balap Liar di Balikpapan?

Sementara untuk pelaku balap liar, yang banyak pula dilakukan pemuda dan anak-anak di bawah umur, juga diberi tindakan tegas. Selain diminta menunjukkan surat-surat kendaraan, mereka yang masih di bawah umur juga diminta menghadirkan orang tua ke Polsek Kongbeng.

Bahkan sebagai tambahan untuk efek jera, jajaran Polsek Kongbeng memberi penindakan fisik dengan mengempesi ban motor dan menyuruh mereka yang kedapatan balap liar, mendorong motor dari lokasi balap liar ke Polsek Kongbeng, yang jaraknya mencapai 5 Km.

“Polsek Kongbeng tidak tinggal diam terhadap keluhan masyarakat. Para pelaku balap liar yang meresahkan warga, kita tindak tegas. Selain tindakan fisik, orang tua mereka kita panggil juga. Untuk menunjukkan surat-surat kendaraan, sembari kami beri sedikit wejangan. Agar si anak tak mengulangi lagi,” kata Hari.

VIDEO - Aksi Balap Liar Menurun, Polisi di Samarinda Juga Temukan Aksi Kebut-kebutan dengan Mobil

Hari berharap, penyaluran hobi para anak muda di Kongbeng bisa disalurkan pada tempatnya. Tidak di jalan raya. Mengingat, jalan raya digunakan orang banyak dan beresiko tinggi mencelakai pengguna jalan lainnya.

“Dalam kesempatan tadi, saya juga meminta para orang tua di Kecamatan Kongbeng mengawasi pergaulan dan perilaku anak-anak mereka. Pastikan apa yang dikonsumsi tidak melanggar undang undang,” ujarnya.(sar)

Penulis: Margaret Sarita
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved