Satu Warga Tanjung Laut Diamankan Polisi, Diduga Sebagai Pelaku Pembakaran Lahan di Bontang Lestari

1 orang terduga pelaku pembakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan Bontang Lestari, Kota Bontang Provinsi Kalimantan Timur diamankan Kepolisian!

TribunKaltim.Co/HO Polres Bontang
Kondisi kebakaran lahan di kawasan Bontang Lestari, Bontang, Kalimantan Timur. Petugas pemadam kebakaran tampak berjibaku memadamkan api yang membakar lahan, Senin (2/3/2020). 

TRIBUNKALTIM.CO, BONTANG - Awal tahun 2020 ini satu orang terduga pelaku pembakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan Bontang Lestari, Kota Bontang Provinsi Kalimantan Timur diamankan Kepolisian.

Hal itu diungkapkan Kapolres Bontang AKBP Boyke Karel Wattimena, Rabu (4/3/2020).

"Ini alarm atau warning kepada masyarakat, untuk tak melakukan hal-hal yang berakhir pada pelanggaran hukum," katanya kepada Tribunkaltim.co

Saat ini warga Bontang berinisial MY menjalani proses hukum di kepolisian. Untuk mempermudah tahap penyelidikan ia pun diinapkan di Mapolres Bontang, Kalimantan Timur.

"Pelaku pidana karhutla ancaman pidananya di atas 5 tahun. Sudah ada 1 kita amankan dan kita proses. Kebakaran lahan di Bontang Lestari," ujarnya.

Kebakaran Lahan di Bontang TNI & Polri Gelar Apel Pasukan, Kapolres: Siagakan 30 Personel Tiap Hari

Lebih lanjut, Karel menyebut terduga pelaku memang berniat membuka lahan dengan cara membakar di Jalan Moch Reom RT 01, Bontang Lestari, Bontang Selatan, Bontang, Kalimantan Timur.

Saat melakukan pembakaran ia tak bisa mengendalikan api yang berkobar semakin besar, sehingga merembet ke lahan dan hutan.

"Kalau buat lahan sendiri gak masalah. Tapi dia gak bisa antisipasi perambatan ke lahan wilayah lain, ini kita proses," ujarnya.

Terpisah, saat dikonfirmasi Kasat Reskrim AKP Makhfud Hidayat membenarkan pihaknya mengamankan seorang warga yang diduga sebagai pelaku pembakaran hutan dan lahan di wilayah Bontang.

Kejadian pada Minggu (1/3/2020) sekira 09.00 Wiya. Tersangka MY, warga yang tinggal di Tanjung Laut ini datang ke lokasi lahan yang diketahui milik H Arifin di kawasan Bontang Lestari.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved