Aparat Polrestabes Bandung Sita 2 Karung Besar Masker Daur Ulang, Sudah Satu Tersangka

Masker bekas didaur ulang dan dijual kembali. Jumlahnya tak tanggung-tanggung, dua karung besar disita polisi.

(ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)
Polisi menunjukkan masker yang diisita di Polrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Jumat (6/3/2020). 

TRIBUNKALTIM.CO - Masker bekas didaur ulang dan dijual kembali. Jumlahnya tak tanggung-tanggung, dua karung besar disita polisi.

Masalah kelangkaan masker di Indonesia dianggap kasus yang sangat serius, karena sedang dibutuhkan jutaan orang. Kelangkaan ini telah menimbulkan dugaan ada permainan demi meraih keuntungan besar.

Masalah berlanjut ke dugaan penimbunan masker. Ini juga menjadi keprihatinan masyarakat luas. Kini muncul masalah baru yang lebih parah, lebih jahat dan lebih keji.

Masker bekas didaur ulang dan dijual kembali. Jumlahnya tak tanggung-tanggung, dua karung besar disita polisi.

Melansir dari Kompas.com, setelah marak kasus penimbunan masker saat wabah Virus Corona melanda, polisi mengungkap penimbunan masker bekas untuk didaur ulang.

Hal itu terungkap setelah polisi di Bandung melakukan penggerebekan di sebuah rumah di kawasan Astana Anyat, Kota Bandung.

Viral Masker Bekas Dijual di Apotek Seharga Rp 330 Ribu, Pihak Apotek Sebut Dapat dari Solo

Rumah tersebut diduga kuat menjadi tempat penimbunan masker bekas pakai yang akan didaur ulang. Sementara itu, masyarakat diimbau untuk merobek masker terlebih dahulu ketika hendak dibuang. Tujuannya, masker bekas pakai itu tak lagi dipungut dan didaur ulang oleh oknum tak bertanggung jawab.

Berikut ini fakta lengkapnya:

1. Informasi dari masyarakat 

Menindaklanjuti informasi dari masyarakat, Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Bandung melakukan penggerebekan dan mengamankan setidaknya ribuan masker yang disimpan di dalam dua karung besar.

"Kita lidik sesuai dengan perintah pimpinan. Jadi informasi dari masyarakat kita tindak lanjuti," kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Bandung AKBP Galih Indragiri.

2. Diduga masker daur ulang 

Di rumah tersebut, polisi mendapat barang -barang berupa masker bekas yang diduga didaur ulang kembali. "Ini barang recycle atau barang bekas yang diperbarui. Kita lihat di situ yang secara kasat mata itu, dari lemnya itu baru, lem yang belum kering," kata Galih. Saat ini, polisi masih akan menyelidiki secara mendalam kasus tersebut.

3. Polisi amankan satu orang 

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved