News Video

NEWS VIDEO Banjir Setinggi 3 Meter Rendam Ratusan Rumah Kampung Damai Kota

Hujan yang turun sejak sepekan ini di Kutai Barat (Kubar), hingga Minggu (8/3/2020). menimbulkan genangan air setinggi 50 cm hingga 3 meter.

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR - Hujan yang turun sejak sepekan ini di Kutai Batat (Kunbar), hingga Minggu (8/3/2020). menimbulkan genangan air setinggi 50 centimeter (cm) hingga 3 Meter di permukiman warga kampung Damai Kota, Kecamatan Damai, Kutai Barat.

Nampak banjir setinggi 50 cm hingga 3 meter, menggenangi pemikuman warga, hingga fasilitas umum, seperti sekolah, rumah ibadah, rumah dinas pihak keamanan, BPU .

Sejumlah warga terlihat melakukan aktivitas dengan menggunakan perahu.

Menurut Petinggi/Kades kampung Damai Kota, Jhon Wesli, air mulai naik pada sabtu malam. Puncaknya pada pukul 23.00 WITA saat ketinggian air mencapai 50 cm hingga 3 meter.

" Naiknya sejak Jumat lalu, tapi puncaknya tadi malam jam 11.00. Ketinggian air bervariasi untuk di jalan raya yang dataran tinggi 50 cm. Tapi untuk daerah dataran renda seperti lapangan sepak bola dan pasar ketinggian air mencapai 3 meter," kata Jhon Wesli.

Ia mengatakan, hingga hari ini air berangsur surut tapi lambat. Namun ketinggian air maaih mencamapi 50 cm hingga 3 M.

Luapan air sungai kedang pahu dan nyuatan ini merata menggenangi ratusan pemukiman warga. " Untuk kampung Damai ada 164 rumah, 201 KK. Semuanya terendam.banjir," tegasnya.

Menurut Jhon Wesli, air berasal dari luapan sungai kedang pahi dan Nyuatan. Yang dikarenakan hujan deras yang terus mengguyur Kubar beberapa hari ini.

Walau air menggenangi pemukiman warga. Kata Jhon Wesli, warga belum ada yang dievakuasi karena rata-rata warga memiliki rumah panggung.atau berlantai dua.

"Tidak ada yang mengungsi, banyakan punya lantai dua semua jadi enggak ngungsi," tutupnya.(*)

Editor: Djohan Nur
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved