Baru 17 Tahun AR Pemilik Sabu 2 Kg Dituntut 10 Tahun Penjara di PN Tarakan, Masa Muda jadi Sia-sia

Kasus kepemilikan sabu 2 Kg yang melibatkan AR (17) sebagai tersangka kini memasuki babak baru. Persidangan kasus tersebut berlangsung di PN Tarakan,

Tribunkaltim.co, Alfian
AR (17) bersama dua rekannya I (23) dan M (20) saat dihadirkan pada pemusnahan barang bukti 2 kg sabu di Mapolres Tarakan, Senin (17/2/2020) lalu 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN- Kasus kepemilikan sabu 2 Kg yang melibatkan AR ( 17 ) sebagai tersangka kini memasuki babak baru. Persidangan kasus tersebut berlangsung di Pengadilan Negeri atau PN Tarakan, Senin (9/3/2020) kemarin.

AR warga Tarakan, Kalimantan Utara yang masih berstatus anak di bawah umur ini dituntut Jaksa Penuntut Umum ( JPU ) 10 tahun penjara.

Masa tahanannya dikurangi selama terdakwa berada dalam tahanan, dengan perintah supaya tetap ditahan dan diberikan pelatihan kerja selama satu bulan.

“Menuntut supaya Majelis Hakim yang memeriksa dan mengadili perkara ini, menjatuhkan pidana terhadap anak AR dengan pidana penjara selama 10 tahun,” kata JPU, Muhammad Junaidi.

Mabuk-mabukan di Diskotik Seventh Skies Kota Tarakan, Ada 6 Anak di Bawah Umur Terjaring Razia

Anak di Bawah Umur Jadi Korban Pelecehan Seksual, Pelakunya Karyawan Restoran di Tarakan

Muhammad Junaidi selaku JPU berpendapat dalam pertimbangannya bahwa AR terbukti melakukan tindak pidana sebagai prekutor narkotika.

JPU pun menyebutkan perbuatan AR sesuai pasal 112 ayat (2) junto pasal 132 ayat (1) Undang undang RI No. 35 tahun 2009 tentang narkotika.   Sementara barang bukti dalam perkara ini, akan digunakan dalam perkara lain.

Pasca pembacaan tuntutan ini penasehat Hukum AR, Nazamuddin dan Vetherson Sagala, diberikan kesempatan untuk mempersiapkan pembelaan, untuk dibacakan di persidangan Senin (16/3/2019) mendatang.

“Terdakwa akan menyampaikan pembelaan sendiri, juga boleh nanti dibacakan pekan depan sekalian,” terang Humas Pengadilan Negeri Tarakan, Melcky Johni Ottoh, saat dikonfirmasi, Selasa (10/3/2020).

Minum Tuak dan Mabuk, Jadi Alasan RM Tega Rudapaksa Anak di Bawah Umur di Berau

Sebelumnya pengungkapan kasus yang melibatkan AR dilakukan oleh Satresnarkoba Polres Tarakan, Kalimantan Utara.   Sabu seberat 2 kg berhasil disita sebelum diedarkan, Rabu (29/1/2020) lalu.

Selain AR, dua rekannya yakni I (23) warga Kelurahan Karang Rejo dan M (20) warga Kelurahan Sebengkok, juga diringkus.

Keduanya saat ini masih mendekam di sel Mapolres Tarakan dan dalam masih tahap penyidikan Satreskoba Polres Tarakan.

Selanjutnya kasus keduanya akan diserahkan ke Kejaksaan Negeri Tarakan untuk tahap 2 dalam waktu dekat.(*)   (Tribunkaltim.co/Alfian)

Penulis: Alfian
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved