Breaking News:

News Video

NEWS VIDEO Kepala DLH Khawatir Ceceran Minyak di Pesisir Pantai Balikpapan Ulah Oknum

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan dibantu Pertamina RU V telah melakukan pembersihan atas tumpahan minyak di pesisir pantai Kota Balikpapan

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan dibantu Pertamina RU V telah melakukan pembersihan atas tumpahan minyak yang terjadi di pesisir pantai Kota Balikpapan.

Untuk mengetahui status dari tumpahan minyak secara jelas, saat ini DLH telah mengirim sampling ke salah satu laboratorium ternama.

Hasil sampling ini nantinya akan memakan waktu lama hingga puluhan hari, sebab yang dilihat bukan hanya jenis minyaknya saja namun akan diteliti lebih dalam lagi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Suryanto mengatakan dugaan sementara masih dalam berbagai macam asumsi.

Jika dilihat dari video yang diambil, ia menyebut ada kemungkinan ceceran minyak berasal dari darat.

Namun tak menutup kemungkinan ceceran tersebut bisa saja diduga berasal dari kapal jika ceceran berasal dari laut.

"Bisa jadi, tapi itu kalau dari laut. Kalau ini sepertinya dari sungai. Dan mana mungkin kapal tanker bisa masuk ke sungai," ujar Suryanto, Senin (9/3/20).

Kendati demikian, ia menjelaskan pada perusahaan besar dan ternama, biasanya tak akan mau untuk membuang limbah minyak secara sembarangan.

Sebab, pihak perusahaan ternama tak akan melakukannya karena mereka pun telah memiliki prosedur dan ketetapan (protap) dan ketentuan yang ada.

"Contoh pertamina. Mereka abis isi, mereka membilas. Bilas ini masuk limbah B3. Langsung disedot lagi ke pertamina dan dibuang ke limbah B3," jelasnya.

Halaman
1234
Penulis: Miftah Aulia Anggraini
Editor: Wahyu Triono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved