Berita Pemprov Kalimantan Timur

Siapkan SDM Sambut IKN, Hadi Berharap Akan Lebih Banyak Mahasiswa Kaltim Belajar di UoA

Kunjungan yang dimulai Minggu (8/3/2020), bertujuan meningkatkan kerja sama di bidang peningkatan SDM di Kaltim.

HUMASPROVKALTIM/M SYAFRANUDDIN
Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi berbincang dengan Wakil Rektor The University of Adelaide Prof Jacquelon Lo di kampus di South Australia, Selasa (10/3/2020). Dalam kunjungan ke universitas yang terletak di kota pesisir itu, Hadi didampingi rombongan dari Unmul dan Pemprov Kaltim. 

ADELAIDE –  Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi bersama rombongan, Selasa (10/3) bertandang ke Universitas Adelaide (UA) Australia. Kunjungan yang dimulai Minggu (8/3/2020), bertujuan meningkatkan kerja sama di bidang peningkatan sumber daya manusia (SDM) di Kaltim.

“Pemprov Kaltim senang adanya kerja sama antara Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda dengan Universitas Adelaid, karena bermanfaat banyak bagi kedua universitas terlebih bagi Pemprov Kaltim,” kata Hadi.

Dalam kunjungannya, Hadi didampingi Prof Rachmat Soeoed, Prof Amir Masruhim, Dr Sunardi dari Unmul, Staf Khusus Gubernur Kaltim Prof Heflin Frinces, Kadis Dikdisbud Kaltim Anwar Sanusi, Karo Pembangunan Infrastruktur Lisa Haslina, Karo Humas M Syafranuddin, dan Wakil Dekan FKIP Unmul Sunardi Mappiasse.

Kunjungan Wagub Hadi Mulyadi bertujuan untuk melakukan koordinasi pelaksanaan kerja sama pendidikan master antara Unmul dan The University of Adelaide, mahasiswa baru dari Kaltim yang akan belajar di The University of Adelaide, termasuk pengajar dari Unmul, serta diharapkan ada kerja sama baru.

Kepada tuan rumah yang terdiri Prof Jacquelon Lo, Wakil Rektor, Dr I Gusti Darmawan, Kepala Bagian Hubungan Internasional, Wagub Hadi Mulyadi menyebutkan Kaltim merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang luas wilayahnya New Wales.

“Kaltim banyak sumber daya alam, karenanya sejumlah perusahaan pertambangan Australia pernah beroperasi di Kaltim. Dengan penduduk sekitar 4 juta orang, masih banyak hal yang harus dilakukan agar rakyat Kaltim lebih sejahtera, terlebih setelah Kaltim bakal menjadi pusat pemerintahan ibu kota negara (IKN) Indonesia,” beber Hadi di Ruang Augustus Short, The University of Adelaide.

Hadi menilai Australia terutama Adelaide sebagai kota pendidikan berhasil dalam peningkatan SDM. Sepengetahuan Hadi, Adelaide merupakan perguruan tinggi berkualitas dan terbaik.

“Kami berharap kelak, banyak anak-anak Kaltim mampu menempuh pendidikan di Adelaide, karenanya bisa ditingkatkan melalui program beasiswa Kaltim Tuntas,” ungkap Hadi. Di akhir pertemuan Wagub Hadi Mulyadi menyerahkan cendera mata. (fan/sul/adv)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved